Siapkan Perwako, Dishub Pekanbaru akan Derek Kendaraan Parkir di Jalur Sepeda

Rabu,16 Oktober 2019 | 15:19:28 WIB

Siapkan Perwako, Dishub Pekanbaru akan Derek Kendaraan Parkir di Jalur Sepeda
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Pemerintah Kota Pekanbaru dalam hal ini Dinas Perhubungan (Dishub), kini tengah merancang peraturan wali kota (perwako) guna memberikan sanksi berupa derek bagi kendaraan yang diparkir di jalur sepeda Jalan Diponegoro.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dishub Pekanbaru, Yuliarso melalui Kepala UPT Perparkiran, Khairunnas mengatakan, sanksi derek bertujuan memberikan efek jera bagi pemilik kendaraan yang hingga kini masih kerap melanggar larangan parkir di jalur sepeda.

"Karena itu kita sedang godok perwako terkait sanksi penderekan," ungkapnya kepada wartawan, Rabu (16/10/2019).

Sejauh ini, terang Khairunnas, berbagai upaya telah dilakukan pihaknya agar tak ada lagi kendaraan yang diparkir di jalur sepeda. Namun, pemilik kendaraan hanya patuh ketika melihat ada petugas yang berjaga di lokasi.

"Cara lain sudah kita lakukan seperti menggemboskan ban, tapi tidak juga. Mereka (pemilik kendaraan) kucing-kucingan, kalau ada petugas jalur sepeda sepi. Beranjak sebentar saja, kendaraan penuh disana," sesal dia.

Padahal, sambung Khairunnas, di sepanjang jalur sepeda Jalan Diponegoro tersebut sudah jelas ada rambu-rambu larangan parkir. Namun, pemilik kendaraan tetap membandel dengan tetap memarkirkan kendaraannya di lokasi yang dilarang. (R05/Kominfo)