Syamsuar Sebut Riau Punya Pulau Terluar yang Belum Tergarap Maksimal

Jumat,14 Februari 2020 | 17:01:35 WIB

Syamsuar Sebut Riau Punya Pulau Terluar yang Belum Tergarap Maksimal
Ket Foto : Syamsuar/net

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Provinsi Riau mepunyai tiga pulau terluar yang belum tergarap maksimal, diantaranya Pulau Rangsang, Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar dalam acara Pertemuan Gubernur Riau dan Forkopimda Riau dengan Tim Komisi V DPR RI dalam rangka pembahasan tentang infrastruktur dan transportasi di Provinsi Riau yang berlangsung di Ruang Melati Kantor Gubernur Riau, Kamis (13/2/20).

Diungkapkan Gubri bahwa sebetulnya pulau terluar di Riau ada 4, yaitu satunya lagi Pulau Mandi. Namun di pulau ini karna memang tidak ada penghuni dan pulaunya adalah pulau batu. Sedangkan 3 pulau lainnya adalah pulaunya terdiri dari tanah gambut seperti Pulau Rangsang Pulau Bengkalis dan Pulau Rupat.

Dikatakan Gubri ketiga pulau itu keadaannya sangat memprihatinkan. Menurut pengamatannya, ada 167 kilo sepanjang 3 pulau ini telah tergerus ke laut dikarenakan mengalami abrasi. Sebab sebagian besar tanahnya gambut.

"Jadi sangat rawan ketiga pulau ini akan hilang karna memang tidak ada perhatian untuk pengamanan pulau," pungkasnya.

Melalui pertemuan itu, Gubri Syamsuar berharap Tim Komisi V DPR RI yang hadir memberikan perhatian terhadap masalah pulau terluar yang ada di Riau. Ia berharap, dengan mendapat perhatian bisa mengatasi abrasi yang sangat tinggi setiap tahunnya.

"Jika tidak ada perhatian maka akan semakin banyak tanah-tanah masyarakat yang hilang jatuh ke laut diakibatkan abrasi," pungkasnya. (R07/MCRiau)