Erick Thohir Pastikan Vaksin Bio Farma dan Sinovac Halal

Selasa, 04 Agustus 2020 | 22:47:19 WIB

Erick Thohir Pastikan Vaksin Bio Farma dan Sinovac Halal
Ket Foto : Menteri BUMN Erick Thohir

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memastikan vaksin Covid-19 yang akan mulai diproduksi PT Bio Farma (Persero) akan mendapatkan sertifikasi halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Sehingga tak perlu diragukan lagi bahwa vaksin ini nanti dapat digunakan oleh seluruh masyarakat.

Erick menjelaskan bahan baku dan sistem produksi yang digunakan untuk melipatgandakan jumlah vaksin ini halal. Tak hanya vaksin ini saja, namun vaksin lainnya yang diproduksi juga dipastikan memiliki standar yang sama.

"Tapi pasti untuk vaksin covid-19 sendiri sertifikat halalnya dari MUI, tapi ini bahan baku produksinya pasti halal," kata Erick saat meninjau laboratorium dan fasilitas produksi Bio Farma, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (4/8/2020).

Dia mengatakan, Bio Farma sudah dipercaya sampai dengan 150 negara di dunia untuk memproduksi 15 jenis vaksin yang beredar. Negara tersebut termasuk negara-negara Timur Tengah sehingga tak diragukan lagi kehalalan vaksin tersebut.

Selain itu, kata Erick, Bio Farma memiliki kapasitas produksi total sebanyak 2 miliar dosis per tahun. Ini menjadikan Bio Farma sebagai produsen vaksin terbesar di Asia Tenggara mengalahkan Thailand dan Vietnam.

"Thailand, Vietnam punya, tapi kecil-kecil dibandingkan kita. Filipina, Singapura, Malaysia nggak punya. Jadi yang penting kita sebagai bangsa mesti bangga kalau hasilnya baik," katanya.(R03)