Ini Daftar 10 Negara yang Aman untuk Turis Selama Pandemi, Maaf Tak Indonesia Masuk

Rabu, 19 Agustus 2020 | 06:47:15 WIB

Ini Daftar 10 Negara yang Aman untuk Turis Selama Pandemi, Maaf Tak Indonesia Masuk
Ket Foto : Foto: Getty Images/Lauren DeCicca

RIAUSKY.COM - Meski masih menutup pintu bagi turis asing, namun dari hasil survei terbaru Thailand mampu menduduki peringkat pertama negara tujuan teraman di dunia untuk dikunjungi selama pandemi COVID-19.

Negeri gajah putih dipilih dalam sebuah survei yang dilakukan oleh sebuah start up perjalanan yang berbasis di Berlin, Tourlane.

Mengutip Malay Mail, Selasa (18/8/2020), Thailand menduduki puncak daftar negara yang paling aman untuk kunjungan turis berkat skor Regulasi Kesehatan Internasional (International Health Regulation/IHR)-nya yang tinggi yaitu 85 persen, kepadatan populasi yang tergolong sedang dan jumlah kasus Covid-19 yang sangat rendah.

Pada 16 Agustus, jumlah total kasus yang dikonfirmasi di Thailand mencapai 3.377 (440 di karantina negara) - 125 sedang dalam perawatan, 3.194 telah pulih dan dipulangkan, dan ada 58 kematian. Tidak ada kasus Covid-19 domestik selama 83 hari di Thailand.

Survei Tourlane itu diadakan pada 10 Agustus untuk menentukan tujuan liburan yang aman di tengah wabah tersebut. Perusahaan mengumpulkan data dan menganalisis berbagai metrik, termasuk jam sinar matahari per hari untuk aktivitas di luar ruangan serta tingkat pemberitahuan nasional 14 hari dari kasus Covid-19 baru yang diterbitkan oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa.

Juga diperhitungkan dalam daftar tersebut adalah kepadatan penduduk masing-masing negara dan skor IHR-nya, yang mengevaluasi kemampuan suatu negara untuk menanggapi risiko kesehatan masyarakat dan keadaan darurat yang menjadi perhatian nasional dan internasional.

Menyusul Thailand dalam daftar destinasi teraman di seluruh dunia saat pandemi COVID-19 adalah Yordania, Polinesia Prancis, Yunani, Uruguay, Italia, Kamboja, Jepang, Irlandia, dan Botswana. Sayang Indonesia tidak masuk top 10 ya?

Sebelumnya, Chattan Kunjara Na Ayudhya, wakil gubernur Otoritas Pariwisata Thailand (TAT), tak bisa memastikan kepastian pembukaan gerbang perbatasan. 

"Belum ada jadwal yang dikeluarkan untuk membuka perbatasan internasional. Saya tidak melihat pemerintah menyambut turis hingga tahun 2021," ujarnya seperti dikutip dari detik.com. (R04)