Bagaimana Kasur yang Baik Dapat Menguntungkan Tidur Anda?

Senin, 24 Agustus 2020 | 19:44:02 WIB

Bagaimana Kasur yang Baik Dapat Menguntungkan Tidur Anda?
Ket Foto : Ilustrasi: Foto: freeimages.com

RIAUSKY.COM - Bangun tidur dengan segar adalah salah satu hal yang patut disyukuri. Dengan ini Anda akan semangat melakukan berbagai aktivitas yang menanti seperti bekerja, berolahraga, belajar atau melakukan kegiatan lainnya.

Tahukah Anda bahwa di balik tubuh yang segar di saat bangun, terdapat kasur yang baik dan berkualitas? Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana kasur yang baik dapat menguntungkan tidur anda. Beberapa keuntungan yang didapat adalah:

1. Kasur yang Baik Akan Meredakan Sakit Punggung saat Bangun

Salah satu hal yang menandakan kasur yang buruk adalah punggung terasa sakit saat bangun dari tidur. Akibatnya, segala aktivitas yang Anda akan lakukan menjadi terbengkalai atau tertunda.

Kasur yang baik, akan membuat punggung Anda terjaga dan menghilangkan rasa sakit yang ada di punggung setelah beraktivitas. Ini dikarenakan kasur tersebut “beradaptasi” dengan punggung, lekuk dan bentuk tubuh sehingga mampu menopangnya dengan baik.

Alasan lain mengapa kasur yang baik juga dapat meredakan sakit punggung karena kasur tersebut bisa menjadi ‘penghangat’ pada bagian nyeri pada punggung. Inilah alasannya mengapa kasur yang baik mampu menjadi pereda sakit punggung.

2. Mendukung Berbagai Posisi Tidur yang Biasa Anda Lakukan

Salah satu kelebihan dari kasur yang baik adalah kasur tersebut dapat mendukung posisi tidur yang Anda biasa lakukan. Harus ketahui bahwa beda posisi tidur ternyata beda pula tingkat kepadatan kasur yang dibutuhkan.

Misalnya apabila Anda sering tidur terlentang dan tengkurap, maka pilihlah jenis kasur dengan tingkat ketebalan yang tinggi. Kedua bila Anda sering tidur menyamping, maka pilih kasur dengan ketebalan yang lembut atau soft. Terakhir, apabila posisi tidur Anda berubah-ubah, maka pilihlah kasur dengan tingkat kepadatan yang medium.

Kasur yang baik adalah kasur yang mendukung posisi tidur Anda, sehingga nantinya Anda akan memiliki tidur yang berkualitas, nyenyak dan terhindar dari berbagai nyeri pada tubuh seusai bangun.

3. Meredakan Berbagai Nyeri pada Tubuh

Selain meredakan sakit punggung, kasur yang baik juga dapat meredakan berbagai nyeri pada tubuh seperti nyeri leher, pegal-pegal, mati rasa, sering kesemutan, atau nyeri sendi. Ini semua dapat diredakan apabila Anda memilih kasur tepat yang juga dilihat berdasarkan tingkat kepadatan/density kasur.

Misalnya, kasur firm atau keras. Kasur ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang sering mengalami sering kesemutan, pegal-pegal dan mati rasa. Kemudian kasur medium, yang dipercaya mampu meredakan nyeri leher dan gangguan tidur, serta kasur soft yang dipercaya mampu meredakan nyeri sendi saat tidur.

Kasur yang baik adalah kasur yang mampu meredakan masalah nyeri dan sendi di dalam tubuh, sehingga Anda mendapatkan tidur yang berkualitas.

4. Membuat Anda Nyaman saat Tidur

Semual hal yang baik di dalam kasur tidak ada apa-apanya apabila Anda mengabaikan kenyamanan yang ada saat Anda tidur. Kasur yang nyaman akan dapat memberikan Anda kualitas tidur yang lebih baik, dapat membuat tidur menjadi pulas dan tentunya membuat tidur semakin berkualitas tanpa adanya grasak-grusuk di saat tidur.

Kasur yang berkualitas hendaklah juga dilihat bukan pula pada warna, desain dan bahkan merk yang ada di dalam kasur. Tetapi rasakan apakah Anda nyaman ketika berbaring di kasur tersebut atau tidak?

Salah satu tips yang dapat digunakan adalah dengan meniduri kasur terlebih dahulu selama belasan menit, kemudian bandingkan apakah kasur tersebut membuat Anda nyaman atau tidak saat berbaring.

Catatan

Setelah Anda mengetahui berbagai ciri kasur yang baik, Anda juga harus mengetahui beberapa hal yang penting sebelum membeli kasur. Beberapa di antaranya adalah dengan mengetahui jenis-jenis kasur yang ada di pasaran, dan kemudian melihat apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis kasur yang ditawarkan.

Kemudian dengan memperhatikan ukuran kasur yang akan dibeli. Secara umum ada beberapa jenis kasur yang tersedia di pasaran. Diantaranya seperti single, double, queen, king, dan super king size. Ini bertujuan agar Anda dapat memasukan kasur sesuai ukuran ruangan atau rumah Anda.

Demikian artikel mengenai Bagaimana Kasur Yang Baik Dapat Menguntungkan Tidur Anda. Semoga Anda mendapatkan kasur yang baik dan berkualitas untuk tidur yang lebih baik. (*)