Asian Agri Tetap Komit Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Tengah Pandemi

Selasa, 08 Desember 2020 | 17:05:20 WIB

Asian Agri Tetap Komit Cegah Kebakaran Hutan dan Lahan di Tengah Pandemi
Ket Foto : Asian Agri Fire Free Villange Program Manager Asian Agri, Hafiz Hazalin Sinaga, pada saat paparan di Webinar Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Masa Pandemi Covid 19.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Asian Agri, perusahaan perkebunan kelapa sawit yang mendukung terciptanya industri sawit lestari/sustainable palm oil,  menyatakan tetap konsisten menjalankan prinsip pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Hal itu terungkap dalam kegiatan webinar Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Masa Pandemi Covid 19, yang diikuti oleh Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto , S.Hut. M.P, Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Wilayah Sumatera VI, Ihsan Abdillah; Sekretaris Manggala Agni Wilayah Sumatera VI, Putri Laila Komari, serta manajemen Asian Agri, 1 Desember 2020.

Program Manajer Asian Agri Fire Free Village  Hafiz Hazalin Sinaga, mengungkapkan, perusahaan menyadari konsep pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang efektif adalah dengan melakukan kegiatan pencegahan sedini mungkin. 

"Di tengah kondisi pandemi Covid 19 dan musim hujan, kami (Asian Agri) berusaha seoptimal mungkin tetap berlatih dan mengasah kemampuan, agar persiapan lebih siap dalam menghadapi bencana kebakaran hutan dan lahan di tahun-tahun yang akan datang karena bencana datang tidak mengenal waktu dan tempat," sebut Hafiz.

Oleh karena itu, perusahaan Asian Agri beserta  unit bisnisnya yang tersebar di 3 provinsi, yakni Sumatera Utara (Sumut), Riau dan Jambi, akan tetap waspada dalam pengendalian resiko dan dampak dari kebakaran hutan dan lahan sedini mungkin.

Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto sangat mengapresiasi niat baik dari perusahaan yang tetap komitmen dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. 

Menurutnya, penanggulangan kebakaran hutan dan lahan ini bukan hanya tugas satu instansi akan tetapi ini adalah tugas bersama. 

"Kita tidak bisa bekerja sendiri, maka dari itu harus bersinergi antara semua pihak, baik pemerintah, perusahaan maupun masyarakat, dalam pengendalian terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ucapnya.

Kepala Daerah Operasi Manggala Agni Wilayah Sumatera VI, Ihsan Abdillah menambahkan, Asian Agri dan Manggala Agni telah menjalin kerjasama dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

Bukan hanya sebatas pelatihan saja yang difasilitasi Asian Agri, akan tetapi dalam implementasi lapangan bahu membahu dalam pemadaman kebakaran di lahan masyarakat. 

"Kami sangat mengapreasisasi kerja keras Asian Agri atas terselenggaranya acara pelatihan virtual di tengah-tengah pandemi Covid 19 dan upaya yang dilakukan oleh Asian Agri dalam kesiapsiagaan menghadapi resiko kebakaran hutan dan lahan di tahun  mendatang untuk tahun 2021,'' ungkap dia. 

Dia pun mengapresiasi Asian Agri dan Manggala Agni tetap berkomitmen mencegah kebakaran sebelum terjadinya musim kemarau dengan tetap mengupayakan tindakan pencegahan, beber Ihsan.(r)