BREAKING NEWS: Mendikbud Resmi Luncurkan Kuota Internet Gratis 2021, Mulai Disalurkan 11 hingga 15 Maret

Senin, 01 Maret 2021 | 15:31:37 WIB

BREAKING NEWS: Mendikbud Resmi Luncurkan  Kuota Internet Gratis 2021, Mulai Disalurkan  11 hingga 15 Maret
Ket Foto : Mendikbud Nadiem Makarim

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim kembali meluncurkan program subsidi kuota internet bagi guru, siswa mahasiswa dan dosen di 2021. 

Program ini adalah lanjutan dari program serupa yang sukses dilaksanakan pemerintah dalam upaya mendukung proses pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Untuk periode awal tahun 2021 ini, pemerintah mengalokasikan program kuota internet belajar jarak jauh akan dilaksakan untuk tiga bulan  yakni dimulai periode Maret, April, dan Mei 2021.
 
"Kami lanjutkan kebijakan bantuan kuota gratis selama tiga bulan, sejak Maret 2021, dengan fleksibilitas penggunaan yang maksimal," Nadiem dalam penjelasan kepada media massa secara  daring, Senin 1 Maret 2021.
 
Pada kesempatan itu, Mendikbud Nadiem Makarim juga menjelaskan  bantuan kuota internet ini akan mulai disalurkan pada 11 hingga 15 Maret 2021. 

Kuota internet bakal berlaku selama 30 hari sejak kuota gratis diterima.

Tentang volume bantuan kuot yang diberikan, Nadiem mengaku, memang ada perbedaan. 

Untuk siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan memperoleh volume kuota sebanyak 7 gigabyte (GB) per bulan. 

Siswa pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh volume kuota sebanyak 10 GB per bulan.

Dari penelusuran kami, kumlah kuota ini berbeda dengan sebelumnya, dimana untuk tingkatan SD mendapat alokasi 35 GB. 

Sementara untuk guru PAUD, jenjang pendidikan dasar dan menengah akan memperoleh 12 GB per bulan. 

Sedangkan untuk mahasiswa dan dosen, mereka akan memperoleh kuota sebanyak 15 GB per bulan. 

Dari penelusuran kami, Pada 2020, mereka menerima sebesar 50 GB per bulan.

Dia menegaskan, keseluruhan bantuan kuota gratis di 2021 merupakan kuota umum yang dapat digunakan untuk mengakses seluruh laman dan aplikasi. 

Namun terkecuali bagi yang telah diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet Kemendikbud, http://kuota-belajar.kemdikbud.go.id/. 

"Adanya bantuan kuota gratis 2021 dapat digunakan untuk seluruh sumber informasi di internet yang relevan untuk pembelajaran," jelas dia. 

Seperti pada tahun 2020 semua siswa, guru, mahasiswa dan dosen berhak menerima kuota gratis. Namun akan ada penghapusan bantuan karena hal tertentu.
 
"Kecuali total penggunaannya kurang lebih 1 GB. Dan pemimpin sekolah tidak perlu mengunggah SPTJM lagi untuk yang sudah menerima kuota gratis di bulan November sampai Desember 2020," jelas Nadiem lagi.(R04)