Asisten I Setdaprov Riau Pimpin Rakor Pencegahan & Pengendalian Kebakaran Kebun dan Lahan

Jumat, 05 Maret 2021 | 18:24:26 WIB

Asisten I Setdaprov Riau Pimpin Rakor Pencegahan & Pengendalian Kebakaran Kebun dan Lahan
Ket Foto :

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Jenri Salmon Ginting memimpin rapat koordinasi pencegahan dan pengendalian kebakaran kebun dan lahan tahun 2021 bersama beberapa perusahaan di sektor perkebunan serta dinas di bidang perkebunan di 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (5/3/2021).

Ia menyampaikan rakor ini penting dilaksanakan mengingat ini arahan dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) terkait pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Riau. Oleh karenanya, sebagai bentuk tindak lanjut secara cepat dan tepat dilaksanakan rakor pada hari ini.

"Arahan bapak Presiden Jokowi yang langsung kita tindak lanjuti secara cepat dan tepat semoga penanganan dapat kita tangani seperti tahun lalu dan mendapatkan apresiasi yang sangat bagus untuk provinsi Riau," katanya.

Untuk itu melalui rakor tersebut, ia berharap hal ini menjadi upaya penting dalam pencegahan karhutla di Tahun 2021 terutama di sektor perkebunan.

Untuk diketahui bahwa Provinsi Riau merupakan satu provinsi yang rawan bencana karhutla, terutama lahan perkebunan Riau memiliki potensi gambut sebesar hampir 54 persen dari total seluruh lahan yang ada di provinsi Riau.

"Pada saat ini kondisi iklim wilayah provinsi Riau yang sudah mulai memasuki musim kemarau," ujarnya.

Ia mengungkapkan berdasarkan arahan Presiden RI atas penetapan status siaga di Provinsi Riau dapat kembali menggerakkan seluruh sektor terkait dan satuan tugas pengendalian kebakaran lahan dan kebun baik di provinsi maupun di kabupaten kota.

Sehingga kontribusi semua dari unsur pemerintah masyarakat serta dunia usaha perusahaan perkebunan yang menjadi salah satu faktor tertentu membantu kesiapsiagaan dini untuk dapat menjaga dan mengendalikan kebakaran lahan di daerah lingkungan masing-masing.

Jenri juga berharap dengan penetapan status siaga karhutla sejak dini dapat segera mencegah dan mengendalikan kebakaran lahan Tahun 2021 khususnya di sektor perkebunan.

"Semoga ini dapat menjadi momentum dalam mengoptimalkan upaya pencegahan kebakaran kebun dan lahan di Provinsi Riau," harapnya. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli, serta kepala yang membidangi perkebunan di seluruh kabupaten/kota se-Provinsi Riau, serta undangan lainnya. (MCR)