Minum Minyak Kelapa Bisa Memperlancar Proses Persalinan, Mitos atau Fakta?

Rabu, 07 April 2021 | 13:35:34 WIB

Minum Minyak Kelapa Bisa Memperlancar Proses Persalinan, Mitos atau Fakta?
Ket Foto : alodokter

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Ada kepercayaan di masyarakat bahwa minum minyak kelapa bisa memperlancar proses persalinan. Karena anggapan tersebut, tidak sedikit ibu hamil yang minum minyak kelapa sewaktu hamil besar atau menjelang persalinan. Sebenarnya, ini fakta secara medis atau sekadar mitos?

Minyak kelapa memang memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, antara lain baik untuk kesehatan jantung, membantu menurunkan berat badan, mengontrol nafsu makan, mendukung kesehatan kulit dan rambut, serta mampu mencegah infeksi pada mulut. Namun, apa saja manfaat minyak kelapa untuk persalinan?

Fakta Minum Minyak Kelapa Bisa Memperlancar Proses Persalinan
Karena memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan, tidak sedikit orang yang percaya bahwa minyak kelapa berkhasiat pula untuk memperlancar proses persalinan.

Minum minyak kelapa digadang-gadang sebagai salah satu cara ampuh untuk memudahkan ibu hamil melahirkan buah hatinya. Bahkan, anggapan ini sudah menjadi sebuah tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia secara turun-temurun.

Saking inginnya melahirkan tanpa hambatan, tak sedikit ibu hamil yang rela minum minyak kelapa. Padahal, manfaat konsumsi minyak kelapa untuk melancarkan proses persalinan tidak terbukti secara ilmiah. Anggapan ini dapat dikatakan hanya mitos belaka yang tidak perlu dipercayai sepenuhnya.

Meski demikian, bukan berarti minyak kelapa tidak boleh dikonsumsi sama sekali selama hamil, lho, Bun. Minyak ini merupakan salah satu minyak nabati yang sehat dan kaya antioksidan dan nutrisi, seperti asam laurat, lemak sehat, vitamin, dan mineral. Oleh karena itu, minyak kelapa dapat dikonsumsi untuk mencukupi asupan nutrisi Bunda dan janin.

Tips agar Persalinan Lancar
Daripada minum minyak kelapa yang belum terbukti bisa melancarkan proses persalinan, ada beberapa tips yang perlu Bumil lakukan agar dapat melahirkan secara cepat dan minim hambatan, di antaranya:

1. Rajin berolahraga
Walau sedang hamil, bukan berarti Bumil tidak boleh berolahraga, ya. Untuk menjaga kebugaran, Bumil tetap dianjurkan untuk berolahraga.

Pilihlah jenis olahraga yang aman dilakukan saat mengandung, seperti yoga, senam hamil, berjalan kaki, atau berenang. Selain untuk kesehatan, olahraga saat hamil juga baik untuk membantu melancarkan proses persalinan nanti.

2. Rutin berhubungan intim
Bumil boleh berhubungan intim selama kehamilan, asalkan kondisi kesehatan tubuh Bumil dan janin sehat. Seks saat trimester ketiga bahkan dianggap bisa berperan sebagai induksi persalinan alami. Ini berkat kandungan hormon prostaglandin yang dihasilkan tubuh ketika Bumil berhubungan intim.

Jika Bumil mengharapkan bisa melahirkan secara normal, berhubungan seks menjelang persalinan mungkin bisa dicoba, ya.

3. Lakukan pijat perineum
Agar bisa melahirkan dengan lancar, Bumil juga dianjurkan untuk rutin melakukan pijat perineum. Perineum merupakan bagian di antara vagina dan anus.

Pijatan yang dilakukan di perineum bisa membantu otot-otot perineum dan jalan lahir menjadi lebih kuat dan elastis. Hal ini bisa mengurangi risiko Bumil untuk mengalami robekan jalan lahir saat proses melahirkan nanti.

Ketika melakukan pijat perineum, Bumil juga bisa menggunakan minyak kelapa, minyak bunga matahari, atau minyak zaitun.

4. Pelajari cara mengejan
Tidak sedikit ibu hamil yang mengeluh kesulitan melahirkan lantaran tidak bisa mengejan dengan baik. Oleh karena itu, sangat penting bagi Bumil untuk mempelajari bagaimana cara mengejan untuk mempermudah proses persalinan nanti.

Itulah fakta tentang efektivitas minum minyak kelapa bisa memperlancar proses persalinan yang perlu Bumil ketahui. Walau tidak memberikan manfaat untuk melancarkan proses persalinan, minyak kelapa tetap memberikan keuntungan untuk Bumil dan janin, kok.

Selain dikonsumsi langsung, Bumil bisa mengonsumsi minyak kelapa dengan cara menambahkannya ke dalam salad atau menggunakannya sebagai minyak untuk menumis.

Tak hanya baik untuk mencukupi asupan nutrisi Bumil dan janin, minyak kelapa juga baik untuk memperkuat daya tahan tubuh agar Bumil tidak mudah sakit. Selain itu, mengoleskan minyak kelapa ke kulit selama hamil pun bisa mencegah dan mengatasi stretch mark yang sering muncul selama kehamilan berlangsung.

Jadi, ketimbang minum minyak kelapa untuk melancarkan persalinan, lebih baik Bumil menerapkan cara-cara di atas. Jika merasa takut tidak bisa melahirkan dengan normal dan lancar, Bumil dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penjelasan dan solusinya. (R03)
Sumber Berita : alodokter.com