Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Ikut Serta Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Tanjung Berulak.

Selasa, 20 Juli 2021 | 20:44:57 WIB

Mahasiswa KKN UIN Suska Riau Ikut Serta Penyembelihan Hewan Kurban di Desa Tanjung Berulak.
Ket Foto : Mahasiswa ikut membantu penyelenggaraan penyembelihan hewan kurban.

AIRTIRIS (RIAUSKY.COM)- Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau (UIN Suska Riau) bersama masyarakat di Desa Tanjung Berulak, Kecamatan Kampar Air Tiris melakukan kegiatan penyembelihan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H. 

Sebanyak 10 orang mahasiswa peserta KKN ini turun membantu masyarakat dalam prosesi penyembelihan hewan kurban.

''Qurban merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang mampu. 

Swarez selaku Kordes KKN Desa Tanjung Berulak menyampaikan  "Qurban merupakan kewajiban bagi seorang muslim yang mampu. Dengan berqurban berarti seorang muslim telah mendekatkan diri kepada Allah SWT karena telah menunaikan kewajibannya dan dengan adanya mahasiswa KKN tentu nya akan membantu warga desa sekitar dalam proses qurban", Selasa (20/07/2021).

KKN merupakan suatu pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu wujud implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi. 

Pada KKN kali ini akan dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk pemberdayaan masyarakat dan memajukan Desa Tanjung Berulak untuk ke depannya.

Kegiatan KKN yang mengarahkan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang utama pengabdian kepada masyarakat, bukan hanya kegiatan Idul Adha ini saja. Tetapi untuk ke depannya selama masih KKN di desa ini, kami akan kerahkan segala gagasan dan ilmu yang kami dapatkan di bangku perkuliahan dalam sebuah program masyarakat dan harus siap kapan dan dimana saja membutuhkan peran  mahasiswa.

Kegiatan penyembelihan hewan kurban diawali dengan persiapan tempat dan hewan kurban,  penyembelihan, pemotongan, menimbang dan membagikan. 

Meskipun teknis pelaksanaan tersebut sedikit berbeda karena kondisi masa pandemi Covid-19 ini namun tidak mengurangi  kekompakan dan kebersamaan peserta KKN dengan warga masyarakat Desa Tanjung Berulak.

"Alhamdulillah anak KKN tahun ini ikut berbaur dengan masyarakat sehingga program masyarakat dari tahun ke tahun berkurban dan ikut serta dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban terutama dalam pembagian daging,'' ungkap Adrian, S.TP kepala Desa Tanjung Berulak. 

''Ini jadi contoh terbaik yang diberikan oleh anak KKN kepada masyarakat dalam menyukseskan pembagian daging qurban," ujar Adrian.

Sementara Heri Winarno Akbar selaku Kepala Dusun 1 mengatakan dengan adanya mahasiswa KKN di desa ini, panitia kurban terasa terbantu karena langsung turun ke lapangan untuk berpartisipasi ikut serta di tempat penyembelihan.(r)