Siap Menerima Tantangan, Air Terjun Hulu Lombu di Kuansing Ini Bisa Pacu Adrenalinmu...

Ahad, 19 Desember 2021 | 23:17:38 WIB

Siap Menerima Tantangan, Air Terjun Hulu Lombu di Kuansing Ini Bisa Pacu Adrenalinmu...
Ket Foto : Airterjun Hulu Lombu di Kuantan Singingi.

TELUKKUANTAN (RIAUSKY.COM)- Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) punya segudang objek wisata alam, salah satunya adalah air terjun Hulu Lombu. 

Objek wisata yang satu ini cukup tersembunyi, dan baru ditemukan pada tahun 2015 lalu.

Objek wisata ini masih terjaga keasriannya. Hal ini karena masih jarang dikunjungi para travelers.

Nama air terjun ini diambil dari nama sungai yang ada di aliran air terjun ini, yakni Batang Lembu. Air yang mengalir ke Hulu, maka masyarakat setempat menyebutnya Hulu Lembu atau dalam bahasa Kuansing adalah Hulu Lombu.

Untuk mencapai lokasi air terjun ini cukup sulit untuk dilalui, karena setelah menggunakan kendaraan, maka para travelers akan melewati jalan setapak dan perbukitan di perkebunan kelapa sawit dan karet milik penduduk.

Jarak tempuh dari Kota Pekanbaru menuju ke Muara Lembu atau sebelum kota Teluk Kuantan. Waktu yang dibutuhkan adalah tiga jam perjalanan. Sedangkan dari kota Teluk Kuantan membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan darat.

Rute perjalanan ini terbilang cukup jauh, tapi akses jalan tidak terlampau sulit. Sebab jalan dari Kota Pekanbaru menuju Kelurahan Lembu merupakan jalan lintas, begitu juga dari kota Teluk Kuantan

Sedangkan jarak dari Muara lembu ke lokasi pemberhentian kendaraan sekitar 10 kilometer, dimana kondisi jalannya cukup aman apabila cuaca tidak hujan. Namun akan sangat licin apabila musim hujan.

Dari lokasi pemberhentian kendaraan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju lokasi air terjun. Di perjalanan para travelers akan melewati jalan setapak tanah dengan kondisi mendaki, berbatu, dan bahkan menyeberangi sungai kecil dan menyusuri tebing.

Setelah sampai di lokasi air terjun, maka kelelahan perjalanan akan terbayar dengan keindahan air terjun Hulu Lombu ini dan panorama alam yang ada disekitarnya.

Ketinggian air terjun ini sekitar 30 meter. Dan terdapat kolam di ujung air terjunnya. Para travelers dapat mandi-mandi dan berenang dengan nyaman karena dangkal atau sekitar dua meter. Pada bagian dasarnya adalah pasir.

Meskipun dangkal, tetapi debit air pada Air Terjun Hulu Lombu ini sangat besar dan deras. Dan para travelers tetap harus berhati-hati saat menginjak bebatuan yang ada disekitar, karena banyak tumbuh lumut yang menempel di bebatuan.

Bagi para pengunjung, diharapkan menjaga keasrian area ini dengan tidak membuang sampah sembarangan atau juga merusak.(R04)

Sumber Berita: rri.co.id