MENGUAT! Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Hadi Tjahjanto Menteri Agraria Tata Ruang

Rabu, 15 Juni 2022 | 10:01:44 WIB

MENGUAT!  Zulkifli Hasan Menteri Perdagangan, Hadi Tjahjanto Menteri Agraria Tata Ruang
Ket Foto : Presiden Joko Widodo

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini  dikabarkan akan melantik Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan mantan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjadi anggota kabinet.  Pelantikan akan digelar di Istana siang ini.

Informasi yang diterima detikcom dari sumber pemerintah, Rabu (15/6/2022), Zulkifli Hasan atau Zulhas akan dilantik menjadi Menteri Perdagangan (Mendag), sedangkan Hadi Tjahjanto bakal menjabat Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR). 

Seorang elite PAN yang dekat dengan Zulhas juga membenarkan informasi ketumnya akan menjadi Mendag.

Tak hanya itu, Jokowi juga akan melantik 3 wakil menteri. Dua di antara 3 posisi wakil menteri tersebut bakal menjadi milik Gerindra dan PSI.

Pelantikan akan digelar di Istana Kepresidenan pukul 13.30 WIB siang ini. 

Sejumlah pejabat tinggi sudah menerima pemberitahuan perihal pelantikan ini.

Perihal isu reshuffle ini, Istana menyatakan keputusan tersebut sepenuhnya kewenangan Presiden Jokowi. 

Istana menyatakan kapan pun waktunya, perombakan kabinet merupakan hak prerogatif presiden.

"Jadi yang namanya kabinet itu kewenangan sepenuhnya presiden. Presiden itu mempunyai hak prerogatif. Presiden mau ganti kapan saja, ya, terserah presiden. Mau hari ini, mau besok, mau lusa. Tapi kewenangan itu sepenuhnya ada pada presiden," kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung kepada wartawan di kompleks Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (14/6) kemarin.

Pramono menjelaskan Jokowi-lah yang mengetahui secara jelas kondisi kabinet saat ini.

"Ya yang jelas presiden, kan beliau sudah 8 tahun di pemerintahan ini dan beliau tahu banget mana yang menjadi kebutuhan dari kabinet ini, sehingga itu yang menjadi... beliau sangat tahulah," ujarnya.


Zulkifli Hasan Mohon Doa

Santer kabar Ketua Umum (Ketum) PAN Zulkifli Hasan (Zulhas) jadi masuk ke Kabinet Jokowi. 

Zulhas diketahui merapat ke Istana Selasa (14/6) kemarin di tengah isu reshuffle kabinet. 

Kabar tersebut dibenarkan oleh Ketua DPP PAN Bima Arya. Namun belum ada kejelasan jatah menteri yang akan diisi Zulhas.

Dikonfirmasi terpisah, Zulhas tak menjawab gamblang soal kabar dirinya bakal masuk Kabinet Jokowi. Dia hanya memohon doa.

"Kita tunggu besok, doanya," ujar Zulhas, kepada detikcom, Selasa (14/6/2022) malam.

Isu yang berembus, Zulhas bakal mengisi kursi Menteri Perdagangan. Namun saat dikonfirmasi, Zulhas hanya memberi emoji 'momohon doa'.

Sebelumnya Wakil Ketua Umum PAN Yandri Susanto menyebut Zulkifli Hasan bakal menjadi prioritas utama masuk ke Kabinet Indonesia Maju.

"Ya Pak Zul prioritaslah," ujar Yandri di kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Selasa (14/6/2022).

Yandri menyebut pada prinsipnya kader PAN siap ditempatkan di mana pun untuk pengabdian kepada negara. PAN tidak pernah meminta posisi khusus soal penempatannya di kabinet.

"Ya kita pada prinsipnya PAN siap di mana pun lah ya untuk pengabdian kepada negara kalau Pak Jokowi meminta ingin menempatkan kader PAN," kata Yandri.

"Sekali lagi itu terserah Pak Jokowi, Pak Jokowi yang tahu kebutuhannya kan jadi kita tunggu saja kalau memang ada reshuffle siapa yang kena siapa yang masuk kabinet kita tunggu saja Pak Jokowi," imbuhnya.(R02)

Sumber Berita: detik.com