Gubri dan Kapolda Sambut Kunjungan Kerja Panglima TNI dan Kapolri di Riau

Senin, 30 Maret 2020

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Kunjungan Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis ke Riau disambut langsung oleh Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaruh, Rabu (12/2/2020).

Selin itu tampak juga hadir Danrem 031/Wira Bima Brigjen Inf Mohammad Fadjar, Danlanud Roesmin Nurjadin Marsma Pnb Rony Irianto Moningka dan unsur Forkompinda Provinso Riau.

Seperti diketahui, Kedatangan Panglima TNI dan Kapolri tersebut dalam rangka kunjungan kerja (kunker) meninjau kesiapan Provinsi Riau dalam pencegahan dan penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Panglima TNI dan Kapolri beserta rambongan direncanakan memberikan pengarahan tentang penanggulangan Karhutla di Bumi Melayu di Balai Serindit Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru.

Seperti diketahui, penanganan pencegahan Karhutla di Riau menjadi konsen pemerintah daerah, kepolisian, TNI dan berbagai stake holder. Bahkan Kapolda olda Riau membuat aplikasi canggih bernama dashboard Lancang Kuning dan sudah diaktifkan.

Aplikasi tersebut sejauh ini sudah berjalan, dan cukup efektif mencegah kebakaran hutan yang terjadi meluas. Karena begitu titik api muncul, aplikasi dashboard lancang kuning langsung mendeteksi api dan petugas yang memonitor dari aplikasi miliknya langsung menuju titik api untuk melakukan pemadaman. Sehingga api tidak sempat meluas kemana-mana. 

Dalam arahannya, Panglima TNI menyampaikan kedatangan pihaknya ke Pekanbaru dalam rangka melihat kesiapan Provinsi Riau dalam menghadapi Karhutla.

"Karena sesuai ramalan cuaca yang kami terima musim kemarau di Riau cukup panjang, mulai bulan Februari atau pertengahan Maret sudah terjadi kemarau sampai Oktober," kata Panglima.

Karena itu, lanjut Panglima, untuk mengantisipasi musim kemarau itu pihaknya sudah mempersiapkan diri dari seluruh komponen organisasi untuk melakukan persiapan dengan memberikan pelatihan kepada masyarakat.

"Dan TNI/Polri juga memiliki satu tekad untuk bisa menyelesaikan apabila ada kebakaran. Diantaranya pertama kita khususnya di Riau sudah memiliki Posko Terpadu di Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru," ujarnya. (R07)


Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis ke Riau disambut langsung oleh Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi

Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melihat langsung simulasi penangan karhutla di Riau

Gubernur Riau Syamsuar sebagai Dansatgas karhutla, menjelaskan dan memperkenalkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning kepada Kapolri dan Panglima TNI dan rombongan Perwira tinggi lainnya. Menurut Syamsuar, aplikasi ini merupaka

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menggelar pertemuan bersama Gubernur Riau H Syamsuar di Balai Pauh Janggi, Gedung Daerah

Panglima TNI memberikan pengarahan singkat kepada Pangdam I Bukit Barisan, bupati walikota se-Riau, pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), tokoh agama dan masyarakat. 

Gubernur Riau Syamsuar sebagai Dansatgas karhutla, menjelaskan dan memperkenalkan aplikasi Dashboard Lancang Kuning kepada Kapolri dan Panglima TNI dan rombongan Perwira tinggi lainnya.

Gubri Syamsuar saat mendampingi Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis ke Riau melakukan kunjungan kerja

Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi memberikan pengarahan penangan Karhutla di Riau

Kapolri, Jendral Idham Azis bersama Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi saat memberikan penjelasan terfkait kunjungannya ke Ri

Panglima TNI Marsekal, Hadi Tjahjanto dan Kapolri, Jendral Idham Azis didampingi Gubernur Riau, H Syamsuar bersama Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi melihat langsung simulasi penangan karhutla di Riau