Pemerintah Mulai Bangun 166 Rumah Sehat Layak Huni di Siak

Pemerintah Mulai Bangun 166 Rumah Sehat Layak Huni di Siak

SIAK (RIAUSKY.COM)- Ratusan warga (keluarga kurang mampu  yang ada di sejumlah kecamatan di Kabupaten Siak segera berbahagia. Pasalnya pada tahun 2017 ini Pemerintah akan segera merealisasikan pembangunan Rumah Sehat Layak Huni (RSLH) dan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Terealisasinya penyaluran bantuan RSLH dan BSPS di Kabupaten Siak itu, tentunya tidak terlepas dari kerjakeras serta perjuangan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Siak dalam hal mewujudkan kesejahteraan bagi keluarga miskin yang ada di Siak. Sehingga mereka (keluarga miskin, red) bisa menikmati apa yang selama ini diimpi-impikan.

Saat dikonfirmasi Infosiak.com, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Pemukiman (PU Tarukim) Kabupaten Siak H Irving Kahar Arifin menjelaskan, bahwasanya pada tahun 2017 ini terdapat sebanyak 166 unit RSLH dan 260 unit BSPS yang akan dibangun di seluruh Kabupaten Siak. Yang mana sebagian besar RSLH saat ini sudah dimulai pengerjaan (pembangunannya, red).

“Alhamdulillah, berkat doa dan perjuangan kita bersama, pada tahun 2017 ini di Kabupaten Siak dibangun 166 unit RSLH untuk di Empat kecamatan, serta 260 unit BSPS untuk di Lima kecamatan,” terang Irving Kahar Arifin, Senin (18/9/2017) pagi, kepada Infosiak.com.

Melalui Dinas PU Tarukim, pada tahun 2017 ini Pemkab Siak telah berhasil mengupayakan (merebut, red) dana APBD Provinsi Riau dan APBN untuk merealisasikan pembangunan/bantuan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) yang ada di Kabupaten Siak.

“Kalau upaya untuk penyediaan rumah bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR), Perjuangan Pemkab Siak tidak hanya melalui RSLH dari Provinsi saja, kita juga perjuangkan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dari Pemerintah Pusat,” lanjut Irving.

Baca Juga:  Bersiap! Honorer yang tak Lulus Uji Kompentesi Akan Dirumahkan
Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebut merupakan kegiatan perbaikan rumah yang sifatnya dikerjakan secara swadaya oleh sipenerima bantuan, tanpa melalui proses pelelangan yang dikerjakan oleh pihak rekanan/kontraktor. Yakni bantuan perbaikan untuk bagian Atap Lantai dan Dinding (Aladin).

Berikut lampiran/rekapitulasi penerima RSLH dari dana APBD Pemprov Riau TA 2017:
1. Kecamatan Sabak Auh.
    Kampung Sungai Tengah (15 unit).

2. Kecamatan Dayun.
    Kampung Banjar Seminai (16 unit).
    Kampung Sialang Sakti (16 unit).
    Kampung Berumbung Baru (15 unit).

3. Kecamatan Sungai Apit.
    Kampung Kayu Ara (15 unit).
    Kampung Teluk Batil (15 unit).
    Kampung Lalang (15 unit).
    Kampung Kayu Ara Permai (15 unit).

4. Kecamatan Lubuk Dalam.
    Kampung Sialang Palas (14 unit).
    Kampung Sri Gading (17 unit).
    Kampung Sialang Baru (13 unit).

Berikut lampiran/rekapitulasi penerima BSPS dari dana APBN Pusat TA 2017:
1. Kecamatan Bungaraya.
    Kampung Jati Baru (50 unit).

2. Kecamatan Kandis.
    Kampung Bekalar (50 unit).

3. Kecamatan Koto Gasib.
    Kampung Kuala Gasib (35 unit).

4. Kecamatan Sungai Apit.
    Kampung Mekar Jaya (30 unit).
    Kelurahan Sungai Apit (25 unit).

5. Kecamatan Tualang.
    Kampung Pinang Sebatang (20 unit).
    Kampung Pinang Sebatang Barat (30 unit).
    Kampung Tualang Barat (20 unit).

Secara keseluruhan, pada tahun 2017 ini terdapat sebanyak 166 unit RSLH dan 260 unit BSPS yang dibangun di Kabupaten Siak. (R04/infosiak)

Listrik Indonesia

#Siak

Index

Berita Lainnya

Index