Teror di Paris Guncang Saham Dunia

Teror di Paris Guncang Saham Dunia
NEW JERSEY (RIAUSKY.COM) – Bursa saham Asia dilanda aksi jual pada hari ini, hal ini lantaran adanya sentimen negatif terkait dengan serangan brutal oleh para teroris yang terjadi di Prancis baru-baru ini.
 
Serangan yang terjadi di tujuh lokasi, menyebabkan sebanyak 132 orang tewas dan ratusan lainnya terluka. Para analis memperkirakan teror ini cenderung memiliki efek singkat namun tajam pada pasar ekuitas.
 
"Peristiwa mengerikan di Paris pada akhir pekan cenderung memiliki efek tajam di pasar, tetapi dalam jangka panjang efek nyata dari risiko politik lebih mempengaruhi pasar itu sendiri," ujar seorang strategi pasar dari IG, Evan Lucas seperti dilansir dari OKEZONE.COM Senin (16/11/2015).
 
Sekadar informasi, indeks Nikkei turun 205 poin atau 1 persen menjadi 19.408, indeks Hang Seng anjlok 362 poin atau 1,62 persen menjadi 22.033 dan indeks Straits Times turun 0,9 persen menjadi 2.898.
 
Sementara itu, saham berjangka AS juga mengalami kemunduran, dengan futures Dow turun 150 poin dan S&P futures turun 0,76 persen pada awal perdagangan Asia. Pasar saham Eropa juga tidak luput tengah tragedi terbaru, Indeks FTSE London diperkirakan turun 1,8 persen, indeks DAX Jerman turun 2 persen dan CAC Prancis kehilangan 3,7 persen.
 
"Serangan bisa memiliki dampak yang signifikan seperti yang kita di pasar, dengan aksi jual cepat setelah serangan terjadi, sehingga akan ada penurunan sekira 100 poin lebih dari Dow dan sekira 10-15 poin lebih pada S&P," kata tambah kepala strategi di Bubbatrading.com, Todd Horwitz. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index