INSPIRATIF....Didukung RAPP, Yogi Bisa Raih Gelar Master di Negeri Belanda, Begini Kisah Hidupnya

INSPIRATIF....Didukung RAPP, Yogi Bisa Raih Gelar Master di Negeri Belanda, Begini Kisah Hidupnya
Yogi sedang melakukan diskusi bersama salah satu atasannya di PT RAPP. Ia merupakan warga asli Kampar yang disekolahkan RAPP ke negeri Belanda.

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Kerja keras takkan pernah mengkhianati hasil. Itulah adagium yang pas untuk menggambarkan perjuangan dan kerja keras seorang anak desa bernama Yogi Suardiwerianto (30) dalam menempuh ilmu hingga berhasil meraih gelar Master dari negeri kincir angin. 

Perjuangan Yogi adalah perjuangan seorang anak manusia yang dipenuhi dengan airmata, semangat yang tak henti saat diri merasa lelah di rantau, serta kerja keras dan niat yang konsisten agar berhasil di negeri orang.

Tak semua orang bisa seperti Yogi dalam menjaga semangat serta niat yang terus berkesinambungan. Sebagai manusia, rasa jenuh dan putus asa adalah hal manusiawi. 

Yang tidak biasa adalah bagaimana rasa sentimentil itu justru menjadi lecutan semangat bahkan dijadikan cambuk agar bisa secepatnya mencapai satu titik, untuk kemudian mendarmabaktikan hasil yang diperoleh pada negeri tercinta.

"Saya tak pernah menyangka bisa mencapai sejauh ini. Jujur saja, awalnya saya sempat ingin menyerah dengan tantangan yang berdatangan apalagi kita berada di negeri orang. Namun berkat dukungan dari keluarga dan atasan saya, akhirnya semua bisa saya lalui," kenang Yogi, memulai ceritanya.    

Sebagai laki-laki asli kelahiran Teluk Dalam, Kabupaten Pelalawan, Yogi lahir dan tumbuh di daerah yang jauh dari hiruk-pikuk kesibukan orang-orang kota. 

Dari Teluk Dalam ke Ibukota Kabupaten Pelalawan saja yakni Pangkalan Kerinci, butuh waktu sekitar 3 hingga 4 jam dengan menyusuri Sungai Kampar. Jika ditempuh lewat daratan, waktunya akan lebih lama lagi.

Namun ternyata, mimpi Yogi melampaui itu semua. Selepas sekolah di SMA Plus Pekanbaru, Yogi meneruskan pendidikannya di jurusan Ilmu Kelautan di Intstitut Pertanian Bogor (IPB), Bogor. 

Pengalaman hidup yang mengajarkan Yogi tentang kesederhanaan dan ketepatan waktu, sehingga tak mengalami kesulitan hingga akhirnya berhasil menggondol gelar Sarjana Ilmu Kelautan dari Institut Pertanian Bogor (IPB). 

Tanpa membuang waktu, Yogi pulang ke kampung halaman di Riau dan langsung mencari pekerjaan.

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index