Daftar Peringkat Universitas Terbaik di Indonesia

ITB Kalahkan UGM dan IPB

ITB Kalahkan UGM dan IPB
Kampus ITB
Jakarta, riausky - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristek Dikti) mengumumkan hasil klasifikasi dan pemeringkatan Perguruan Tinggi di Indonesia. Direktur Jenderal Kelembagaan Ilmu Pengetahuan Teknologi dan Pendidikan Tinggi Kemenristek Dikti, Patdono Suwignjo, mengatakan pemeringkatan ini baru pertama kalinya dilakukan. Tujuannya, kata dia, untuk memberikan informasi kepada masyarakat Indonesia.
 
"Kami juga ingin mendorong perguruan tinggi mengembangkan kapasitas akademik dan non akademiknya dengan adanya peringkat ini," kata dia saat dihubungi, Senin, 17 Agustus 2015.
 
Patdono mengatakan, berdasarkan data klasifikasi, pemerintah menetapkan 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Data ini diambil berdasarkan laporan perguruan tinggi Indonesia di Pangkalan Data Perguruan Tinggi dan data eksternal Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) per Desember 2014. Kemenristek Dikti kemudian memberi skor dari skala 1-4 terhadap pemeringkatan ini.
 
Patdono menjelaskan, peringkat ini disusun berdasarkan empat kriteria: (1) kualitas dosen atau sumber daya manusia, (2) kualitas manajemen dan organisasi, (3) kualitas kegiatan kemahasiswaan, dan (4) kualitas penelitian dan publikasi ilmiah. Jadi, kata dia, universitas yang paling rajin memasukkan data-data soal kondisi universitasnya berpeluang besar masuk dalam kriteria terbaik ini.
 
Untuk kesebelas universitas terbaik ini, kata Patdono, kementerian telah menyiapkan program pembinaan agar mereka dapat bersaing dengan universitas-universitas terbaik di dunia. Sebagai informasi, baru ada dua universitas, yaitu ITB dan UI, yang masuk dalam 500 universitas terbaik dunia. 
 
Kementerian menargetkan IPB, UGM, dan Universitas Airlangga juga bisa segera masuk dalam 500 peringkat dunia pada 2019.
 
Selain mengumumkan 11 universitas terbaik, hari ini Kemenristek dikti juga mengelompokkan beberapa universitas yang unggul dalam masing-masing kriteria yang telah dibuat oleh kementerian.
 
Untuk kategori perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas dosen atau sumber daya manusia, peringkat terbaik diraih IPB disusul UGM, ITB, Universitas Negeri Malang, UI, Universitas Negeri Makassar, ITS, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Airlangga, dan Universitas Bengkulu.
 
Untuk kategori perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas manajemen, peringkat terbaik diraih Politeknik Elektronik Negeri Surabaya. Lalu, posisi berikutnya: Universitas Gunadarma, ITS, UGM, UI, ITB, IPB, Universitas Kristen Petra, Universitas Sebelas Maret, dan Universitas Islam Indonesia.
 
Sedangkan, pada kategori perguruan terbaik berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi, Kementerian Ristek dan Dikti mengelompokkannya pada dua bagian. Pertama, universitas terbaik berdasarkan kualitas penelitian dan publikasi diraih oleh ITB. Peringkat selanjutnya diraih oleh IPB, UI, UGM, Unpad, Universitas Hasanuddin, Universitas Sebelas Maret, Universitas Brawijaya, ITS, dan Undip.
 
Kedua, perguruan tinggi terbaik berdasarkan kualitas kegiatan mahasiswa diraih oleh UGM. Posisi ini diikuti oleh ITS, Universitas Brawijaya, ITB, IPB, UI, Universitas Airlangga, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Jenderal Soedirman, dan Undip.
 
"Pada dasarnya peringkat ini dibuat agar kementerian lebih mudah mengembangkan program pembinaan agar tepat sasaran untuk universitas yang ada di Indonesia, baik negeri maupun swasta."
 
UI Masuk Peringkat 100 PT Terbaik Asia
Sementara itu Universitas Indonesia (UI) menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk ke dalam jajaran top 100 universitas se-Asia dengan menduduki peringkat ke-79. 
 
"Untuk tingkat dunia, UI menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi di Indonesia yang masuk dalam top 310 dunia dengan menduduki peringkat ke-310," kata Kepala Humas dan Keterbukaan Informasi Publik UI Rifelly Dewi Astuti, Senin.
 
Pemeringkatan tersebut katanya didasarkan atas penilaian yang dikeluarkan oleh Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking 2014/2015 terhadap lebih dari 800 perguruan tinggi di dunia.
 
Lebih lanjut, pada QS World University Ranking by subject 2014/2015, UI juga meraih predikat program studi Kedokteran (medicine) terbaik se-Indonesia dan peringkat ke-301 dunia. 
 
Sedangkan, pada QS World University Rankings by Faculty 2014/2015, UI meraih peringkat terbaik ke-200 dunia untuk Rumpun Ilmu Sosial dan Managemen. (*)
 
Berikut daftar 11 perguruan tinggi terbaik di Indonesia:
 
1. Institut Teknologi Bandung (3,743)
2. Universitas Gajah Mada (3,690)
3. Institut Pertanian Bogor (3,490)
4. Universitas Indonesia (3,412)
5. Institut Teknologi Sepuluh November (3,289)
6. Universitas Brawijaya (3,217)
7. Universitas Padjajaran (3,075)
8. Universitas Airlangga (3,064)
9. Universitas Sebelas Maret (3,035)
10. Universitas Diponegoro (2,983)
11. Universitas Hasanuddin (2,978)
 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index