Wuuiih.. Gaji Guru Dipelosok Naik?

Wuuiih.. Gaji Guru Dipelosok Naik?
ilustrasi internet
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Hingga kini Provinsi Riau masih kekurangan guru didaerah terpencil. Untuk itu Disdikbud Riau berencana untuk menaikan gaji, honor atau upah guru didaerah terpencil. Hanya saja Pemprov Riau masih terkendala kebijakan. Karena kewenangan melakukan pemindahan guru untuk pendidikan menengah masih berada di kabupaten/kota.
 
Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Riau, Kamsol,  menjelaskan, sejauh ini Pemprov Riau masih menunggu Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014.
 
"Jika itu berjalan, kewenangan untuk pendidikan menengah yang selama ini berada di Kabupaten/kota menjadi hak provinsi. Baru kemudian kita bisa mendata secara rasio dan bidang studi, dimana kekurangan itu terjadi," tegas Kamsol.
 
Kamsol menambahkan, keberadaan guru dengan sekolah cukup memenuhi. Namun jika diciutkan sesuai bidang studi, jelas kekurangan.
 
"Sementara untuk tingkat PAUD, TK, SD dan SMP masih menjadi kewenangan kabupaten/kota. Karena itu, kita belum bisa melakukan intervensi, namun untuk imbauan sudah kita sampaikan," tukas Kamsol.
 
Sementara mengenai rencana kenaikan gaji, upah atau honor guru di daerah pelosok, dikatakan Kamsol, kemungkinan rencana itu ada. "Tetapi kita akan mengkaji dari berbagai sisi, termasuk kecukupan anggaran kita," tandasnya.
 
Seperti diketahui, para guru masih "hobi" berkumpul di sekolah-sekolah yang berada di perkotaan. Sementara kebutuhan untuk tenaga pengajar di daerah pelosok masih menjadi kebutuhan mendesak. (R03)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index