Alami Kondisi Medis Langka, Bayi Perempuan Ini Lahir dengan Tiga Kepala

Alami Kondisi Medis Langka, Bayi Perempuan Ini Lahir dengan Tiga Kepala

RIAUSKY.COM - Seorang bayi perempuan yang lahir dengan tiga kepala karena kondisi medis yang tidak diketahui telah membingungkan para petugas medis di India. Anggota keluarga kaget setelah kelahiran bayi itu minggu lalu.

Ibunya melahirkan bayinya di pusat kesehatan setelah menderita rasa sakit yang hebat sebelum melahirkan. Bayi perempuan itu memiliki dua tonjolan besar yang terbentuk dari bagian belakang tengkoraknya, dikutip dari Mirror Online, Jumat (19/7/2019).

"Gadis kecil itu memiliki tiga kepala. Dia tampak seperti alien," kata Bijji Thakur, yang menyaksikan kelahiran anak itu.

Ibunya tidak mengalami komplikasi selama kehamilannya, kata petugas medis. Dia kemudian dirujuk ke Rumah Sakit Distrik di Etah karena pusat kesehatan primer tidak memiliki fasilitas medis yang memadai.

Dokter mengatakan bahwa mereka akan melakukan pemindaian Magnetic Resonance Imaging (MRI) untuk menentukan kondisi medis yang tepat dari bayi yang baru lahir. "Ini adalah kondisi medis yang sangat langka," jelas Rajesh Thakur, Kepala Inspektur Medis, Rumah Sakit Distrik, Etah.

"Tubuh anak belum sepenuhnya berkembang. Kami akan melakukan pemindaian MRI dan kemudian melakukan operasi untuk memisahkan 'kepala'".

Meskipun jarang, banyak kasus kepala tambahan telah dilaporkan di seluruh dunia. Kondisi medis ini disebut sebagai Encephalocele.

Menurut NHS, ensefalokel adalah jenis cacat tabung saraf bawaan yang langka di mana bagian dari tengkorak belum terbentuk dengan baik. Sehingga sebagian jaringan otak dan struktur terkait berada di luar tengkorak.

Menurut laporan, bayi yang didiagnosis menderita encephalocele memiliki tingkat kelangsungan hidup 55 persen. Prognosis jangka panjang untuk bertahan hidup menjadi kurang mungkin jika ada komplikasi lain, seperti cacat atau sindrom yang terkait atau jika jaringan otak menjulur ke dalam kantung.

Kira-kira 75 persen bayi yang bertahan hidup ini memiliki berbagai tingkat defisit mental. (R04)

Sumber: Rakyatku.com

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index