Parlementaria DPRD Kabupaten Pelalawan 2019

Ketua dan Wakil Ketua Resmi Dilantik, Bupati Minta DPRD Pelalawan Bantu Pemda Lobi Pemerintah Pusat

Ketua dan Wakil Ketua Resmi Dilantik, Bupati Minta DPRD Pelalawan Bantu Pemda Lobi Pemerintah Pusat

PANGKALAN KERINCI (RIAUSKY.COM) - Sejarah kembali ditoreh masyarakat Kabupaten Pelalawan. Setidaknya, Sejak dilantiknya 35 anggota dewan 19 September 2019, hari ini unsur pimpinan dewan kembali dilantik serta diambil sumpah janjinya untuk masa tugas 2019-2024, oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Pelalawan Melinda Aritonang SH MH

Diantara mereka yang dilantik, untuk posisi Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Adi Sukemi ST MT dari partai Golkar . Posisi Wakil Ketua Syafrizal SE. Partai PDI P dan Wakil ketua Anton Sugianto  S.Ud Partai PAN. Sesuai dengan Kpts Gubri  1028 /IX/2019 tentang pangangkatan unsure pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan  masa bakti 2019-2024.

Tampak hadir Wakil Ketua Sementara DPRD Propinsi Riau H.Zukri dan Anggota DPRD Propinsi Riau Dapil Pelalawan dan Siak Sewitri,Ketua TP.PKK Hj.Ratna Mainar Harris,Sekda Tengku Mukhlis, Mantan Wabup Pelalawan Periode 2011-2016 H.Marwan Ibrahim, Mantan Ketua DPRD dan Wakil Ketua Periode 2014-2019 yakni H.Nazaruddin dan Supriyanto, Sejumlah pejabat Kepala OPD  di lingkungan Pemerintah Kabupaten Pelalawan menghadiri pelantikan pimpinan dewan tersebut,Pimpinan Perusahaan,Tokoh Masyarakat,Pemuda,Agama.

Melalui Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten  Pelalawan Masa Jabatan 2019-2024 yang lansung dipimpin pimpinan sementara Adi Sukemi ST.MT.

Pengambilan sumpah dan janji pimpinan dewan dilakukan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kabupaten Pelalawan Melinda Aritonang SH MH yang disaksikan langsung ribuan pasang mata. Diantara poin sumpah janji tersebut  adalah menjalankan amanat uud dan yang lebih berat adalah pertanggung jawaban didunia dan diakhirat.

Usai pengucapan sumpah/janji Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten  Pelalawan Masa Jabatan 2019-2024 ketua DPRD Ketua DPRD Adi Sukemi ST MT yang lansung meminpin sidang paripurna langsung mengingatkan para anggota dewan untuk tidak takut pada kritikan.

"Perlu kita ingat masyarakat saat ini sangat cerdas dan terkadang dengan kritekkan pedas. Sebagai wakil mereka. Maka patut kiranya kita menerima dan memberikan solusi dari keritikan meraka," imbaunya.

Kemudia lanjutnya, sebagai publiks pigur setiap anggota dewan dapat menjaga marwah dan nama baik lembaga dewan. "Sangat penting kiranya sebagai publiks pigur setiap anggota dewan dapat menjaga marwah dan nama lembaga dewan,"imbuhnya.

Masih ditempat yang sama, Bupati Pelalawan HM Harris meminta Pimpinan DPRD Kabupaten Pelalawan untuk ikut mengutus anggotanya guna bersama-sama pemerintah untuk melobi pemerintah pusat.

Permintaan ini disampaikannya saat memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten  Pelalawan Masa Jabatan 2019-2024, Senin 23 September 2019 di gedung DPRD Kabupaten Pelalawan.

"Tugas lembaga legeslatif dan eksekutif pada akhirnya adalah sama. Yakni memajukan pembangunan ekonomi masyarakatnya. Berangkat dari sini, saya mengajak lembaga dewan agar bersama-sama pemerintah daerah untuk melobi pemerintah pusat melalui kementerian terkait. Sehingga paket pembangunan yang diusulkan pemerintah daerah dapat dijabarkan pada kegiatan kementerian bersangkutan dan tertuang dimata anggaran APBN," jelas HM Harris.

Dilanjutkan bupati dua priode ini, bahwa tantangan kedepan sangat la berat. Sementara kemampuan finansial amatlah terbatas. Maka dari itu dan guna mensiasati hal ini dibutuhkan komitmen yang kuat dari pihak legeslatif dan eksekutif khususnya mencari peluang keluar. Salah satunya pendekatan pemerintah pusat.

"Jadi mari kita bergandengan tangan bersama-sama menghujudkan apa yang menjadi cita-cita  pejuang kabupaten ini, yakni terhujud kemakmuran masyarakat yang aman dan sejahtera,"tuturnya. Apalagi peluang kita amatla besar, sebab pemerintaj Kabupaten Pelalawan merupakan pendukung program Nawacita yang diusul Jokowidodo.

Lebih jauh disampaikan juga bahwa pada tahun-tahun pemekaran, tahun 1999 lalu sampai 2006. Kabupaten Pelalawan merupakan salah satu kabupaten yang sangat tertinggal dari kabupaten lain di indonesia. Baik bidang infrastruktur pembangunan, sarana pendidikan, ekonomi, bidang kesehatan dan masih banyak lagi yang lainya.

"Namun sekarang, Syukur Alhamdulillah ekonomi masyarakat meningkat luar biasa dan masyarakat miskin dibawah angka 10 persen. Dan ini terus kita lancarkan melalui program pengentasan ekonomi masyarakat yang tertuang pada 7 program strategis dan program percepatan pembangunan lainya. Kita patut berbangga kini Kabupaten Pelalawan masuk 30 kab/kota baru tersukses se indonesia,"ujarnya. Dimana keberhasil ini berkat perjuangan kita bersama. Dan perlu dicatat ini bukanlah akhir perjuangan melainkan baru saja dimulai. Dan kedepan tantangan akan lebih berat lagi.

Dan saat ini, Kabupaten Pelalawan saat di perhitungkan secara nasional masuk dalam 10 besar Kabupaten dan Kota yang siap menghadapi persaingan global di dalam mendukung Kebijakan Pemerintah Pusat.

Kemudian sambung HM Harris dalam melaksanakan tugas DPRD bisa bekerjasama dengan mengkedepankan kesejahteraan dan pembangunan masyarakat. Dimana hal itu semua bertujuan untuk membangun daerah demi kesejahteraan masyarakat di negeri seiya sekata ini baik itu eksekutif maupun legislatif.

Bupati Pelalawan dua periode ini berharap adanya kritikan dan masukan semua elemen masyarakat termasuk legislatif untuk pelalawan yang lebih baik karena apa yang kita perbuat saat ini akan di nikmati oleh anak dan cucu pelalawan kelak dimasa yang akan datang.

Menjawab statement bupati HM Harris, terpisah Ketua DRPD Pelalawan Adi Sukemi.ST.MT mengatakan pada prinsifnya tugas pokok lembaga dewan adalah legislasi anggaran dan pengawasan anggaran. Yang pada akhirnya bermuara pada tercapainya kesejahteraan masyarakat.

"Saya pikir ide bupati sangat berlian. Pihak dewan jelas akan mendukung tersebut. Kita perlu bicara lebih lanjut pada rapat-rapat parlemen,"paparnya. 

Hal sama juga disampaikan  Wakil Ketua Anton Sugianto  S.Ud Partai PAN. Apa yang di sampaikan bupati menjadikan pihak DPRD disamping melakukan  legeslasi dan pengawasan juga turut serta jeput bola agar pembangunan cepat terealisasi. (R09/Parlementaria DPRD Pelalawan)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index