Nyelekit! Sindir Nilai Investasi Palapa Ring Rp22 Triliun, Rocky Gerung: Buat Ngintelin WA Emak-emak

Rabu,16 Oktober 2019 | 10:15:05 WIB
Nyelekit! Sindir Nilai Investasi Palapa Ring Rp22 Triliun, Rocky Gerung: Buat Ngintelin WA Emak-emak
Ket Foto : Rocky Gerung/Net

RIAUSKY.COM - Akademisi Rocky Gerung berceloteh satire di Twitter mengenai proyek Palapa Ring atau Tol Langit yang nilai investasinya hingga Rp22 triliun. Ia menanyakan apakah proyek itu untuk mengawasi aktivitas media sosial emak-emak.

"Buat ngintelin WA emak-emak?" cuitnya dalam akun @rockygerung yang dikutip Akurat.co, Rabu (16/10/2019), dan menuai tanggapan beragam dari Warganet.

Seperti Ari, @bunyimerpati, yang turut berkomentar soal Palapa Ring, "Ngintelin info diskusi sampe dateng intervensi kegiatan diskusi."

Lalu akun miaw, @TNyata, menyebutkan, "WA emak emak tu isinya jualan online bang.. Ga Ada transaksi judi online, jadi gak usah kepoh deh pak mentri."

Seperti diketahui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan nilai investasi untuk proyek Palapa Ring mencapai Rp22 triliun. 

Proyek ini akan menghubungkan wilayah Indonesia dari bagian barat sampai timur menggunakan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).

Rudiantara menerangkan sejauh ini Palapa Ring sudah berjalan untuk area barat dan tengah. Palapa Ring wilayah barat telah selesai pada tahun lalu, sementara wilayah tengah rampung awal tahun ini dan area timur selesai pada Agustus lalu.

Pakar keamanan siber dari Communication and Information System Security Research Center (CISSReC) Doktor Pratama Persadha menyebut Palapa Ring Timur atau Tol Langit dapat meningkatkan ekonomi digital di kawasan timur Indonesia.

"Keberadaan Palapa Ring Timur ini bisa menggairahkan ekonomi digital di sana. Bahkan, banyak peluang untuk membawa Indonesia bagian timur menjadi primadona wisata dan ekonomi digital tanah air," kata Pratama Persadha melansir dari Antara.

Apalagi, lanjut Pratama, Palapa Ring Timur memiliki infrastruktur jaringan sepanjang 6.878 kilometer serat optik darat dan bawah laut, serta segmen jaringan radio microwave sebanyak 49 hop.

Secara total, proyek Palapa Ring menghubungkan 90 kabupaten/kota yang terdiri atas 57 kabupaten/kota layanan dan 33 kabupaten/kota interkoneksi melalui jaringan kabel serat optik sepanjang 12.148 km yang terdiri atas kabel optik darat dan bawah laut serta segmen jaringan radio microwave sebanyak 55 hop. (R04)

Sumber: Akurat.co

Iklan Pajak Reklame Bapenda Pekanbaru



FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS