Rokan Hulu Terima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019

Rokan Hulu Terima Penghargaan Swasti Saba Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2019
Bupati Rohul H Sukiman Saat Menerima Penghargaan Swasti Saba dari Menteri Dalam Negeri RI.

JAKARTA (RIAUSKY.COM) - Dalam rangka penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat tahun 2019, Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI memberikan penghargaan Swasti Saba kepada sejumlah Bupati dan Walikota di Indonesia, salah satu di antaranya Bupati Rokan Hulu H. Sukiman, Selasa 19 November 2019, di ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jakarta Pusat.

Penghargaan Swasti Saba Padapa, kota sehat tahun 2019 ini di berikan kepada kabupaten Rokan Hulu H.Sukiman yang juga di dampingi Kadiskes Rohul Dr.Bambang adalah penghargaan atas keberhasilan dalam menyelenggarakan kabupaten/kota sehat tahun 2019 untuk Klasifikasi taraf pemantapan. 

Hal ini merupakan wujud kerja sama masyarakat Rokan Hulu dalam hal mewujudkan program Kabupaten Sehat tahun 2019 sesuai indikator penilaian yang dilakukan tim penilai dari bulan September lalu.

Penilaian Pelaksanaan KKS, mulai dari melakukan bedah dokumen, verifikasi lapangan, hingga menetapkan hasil bagi daerah yang akan mendapat penghargaan.

Penghargaan KKS dari Kementerian Kesehatan RI dilaksanakan dua tahun sekali yang terdiri dari tiga tingkatan antara lain : Swasti Saba yaitu pengembangan (wistara), Pembinaan (wiwerda), pemantapan (padapa),

Untuk diketahui, Penilaian Kabupaten Kota Sehat dihelat setiap 2 tahun sekali secara Nasional. 

Pada tahun 2019 ini Rohul meraih piala Swasti Saba Padapa (taraf pemantapan) 

Keberhasilan Kabupaten Rohul meraih Penghargaan Swasti Saba Padapa pada tahun 2019 menunjukkan semakin meningkatnya pemahaman masyarakat Rohul tentang pentingnya kesehatan lingkungan

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memberikan penghargaan Swasti Saba untuk Kabupaten/Kota sehat (KKS), Selasa di kantor Kemendagri, Jakarta.

Penghargaan diberikan kepada 6 Gubernur, 177 Bupati dan Wali Kota serta 3 motivator dari tim pembina yang aktif mengoordinasi dan membina seluruh forum kabupaten/kota di wilayah provinsinya untuk mewujudkan kawasan sehat.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengatakan penghargaan Swasti Saba merupakan wujud apresiasi pemerintah pusat kepada pemerintah daerah yang sudah berdedikasi dalam menyelenggarakan KKS sesuai Peraturan Bersama Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 tahun 2005 dan Nomor /Menkes/PB/VIII/2005.

"Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat merupakan kerja bersama antara pemerintah dan masyarakat secara harmonis, integrasi antar sektor untuk memenuhi kepentingan masyarakat dalam upaya promotif dan preventif agar masyarakat tetap sehat dan produktif," kata Tito dalam acara Penganugerahan Swasti Saba untuk Kabupaten/Kota Sehat 2019 di Ruang Sasana Bhakti Praja, Kemendagri, Jakarta.

"Semoga momentum penghargaan Swasti Saba ini akan memberikan manfaat dan pemahaman yang sama akan arah dan kebijakan pembangunan kesehatan di  kabupaten Rokan Hulu ini ," ungkap Sukiman.

Program KKS bertujuan untuk mendorong terwujudnya kabupaten/kota yang bersih, aman, nyaman, dan sehat untuk dihuni serta sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan melaksanakan berbagai program kesehatan dan sektor lain, sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya.

Penyelenggaraan Program KKS melibatkan banyak lintas sektor dan lintas program melalui tujuh tatanan dalam KKS yaitu Kawasan Permukiman, Sarana dan Prasarana Umum, Kawasan Sarana Lalu Lintas Tertib dan Pelayanan Transportasi, Kawasan Industri dan Perkantoran Sehat, Kawasan Pariwisata Sehat, Kawasan Pangan dan Gizi, Kehidupan Masyarakat Sehat yang Mandiri, serta Kehidupan Sosial yang Sehat. (Advertorial Pemda Rohul)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index