Konsulat India Tertarik Jadikan Pekanbaru Sebagai Sister City New Delhi 

Jumat, 17 Januari 2020 | 14:31:57 WIB
Konsulat India Tertarik Jadikan Pekanbaru Sebagai Sister City New Delhi 
Ket Foto : Staf Ahli Walikota Pekanbaru Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Masriyah, saat memimpin pertemuan dengan Konsulat India di ruang pertemuan MPP, Jumat (17/1/2020) siang.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Berbagai potensi yang dimiliki oleh Kota pekanbaru menarik banyak pihak untuk berinvestasi, salah satunya dari Konsulat Jenderal (Konjen) India YM Raghu Gururaj.

Hal itu disampaikannya saat melakukan pertemuan dengan Pemko Pekanbaru di ruang VIP Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jumat (17/1). 

Pertemuan dengan Konjen India itu dipimpin Walikota Pekanbaru Firdaus diwakili Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan Masriyah, didampingi Kepala Dinas Kominfo Pekanbaru Firmansyah Eka Putra dan sejumlah pejabat di lingkungan pemerintah kota.

Dalam pertemuan itu, potensi KIT yang memiliki nilai jual sebagai lokasi bisnis dipaparkan oleh Kepala Dinas Kominfo Pekanbaru Firmansyah Eka Putra.

Konjen India menyatakan tertarik menanamkan investasi di Pekanbaru. Pasalnya, Kota Pekanbaru merupakan capitalnya Pulau Sumatera. Dirinya juga tampak serius memperhatikan pemaparan Kawasan Industri Tenayan (KIT) yang disampaikan Kepala Diskominfo Pekanbaru, Firmansyah Eka Putera.

"Pekanbaru cocok untuk menjadi sister city New Delhi. Disana Industri Farmasinya sudah berjalan, kami merasakan manfaatnya. Jadi saya rasa, banyak pebisnis di India tertarik untuk berinvestasi di Pekanbaru," kata Konjen India, Raghu Gururaj. 

Sebagai bentuk keseriusan, Raghu Gururaj berjanji akan membawa investor dari India pada pertemuan berikutnya. Ia berharap KIT cepat difungsikan. 

Katanya, Industri farmasi India merupakan salah satu yang maju di dunia. Di India ada sekitar 3.000 perusahaan farmasi yang memproduksi banyak produk mulai dari herbal, vaksin, obat generik, obat injeksi, hingga vitamin.

"Produk-produk farmasi buatan India diekspor ke lebih 150 negara termasuk Amerika Serikat, Kanada dan negera-negara Eropa," sebutnya.

Menanggapi hal itu, Firmansyah Eka Putera menyambut baik tawaran dari Konjen India tersebut. "Di KIT nanti kita juga menyediakan lahan untuk pabrik farmasi. Berarti ini sejalan," kata Eka.

Ditambahkannya, untuk pembahasan lebih lanjut, kata Eka, Pemko Pekanbaru akan mengajukan surat kunjungan ke negara Bollywood tersebut. 

"Kita tunggu dulu dari pihak Konsulat India, kota yang mana disana, cocok untuk sister citynya Pekanbaru. Jadi bukan sembarang kunjungan saja, ada bekal yang dibawa pulang untuk Perkembangan Kota Pekanbaru," pungkasnya. (R05)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS