Astaga...Makan Daging Anjing Mentah Campur Air Kelapa, Puluhan Warga Simalungun Keracunan

Astaga...Makan Daging Anjing Mentah Campur Air Kelapa, Puluhan Warga Simalungun  Keracunan
Keracunan makan daging anjing mentah dilarikan ke puskesmas. Foto: Read.id

SIMALUNGUN (RIAUSKY.COM)- Puluhan warga Nagori Hutahurung, Kecamatan Jorlang Hataran, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, keracunan setelah memakan daging anjing mentah. 

Korban keracunan sampai harus mendapat perawatan di puskesmas terdekat.

"Ada sekitar 12 kilogram yang dipotong. Lalu dibagi-bagi ke masyarakat. Ada yang dimasak, ada yang tidak. Yang dimakan mentah ini yang dicampur air kelapa itulah yang buat keracunan," kata Kepala Dinas Sosial Kabupaten Simalungun Mudahalam Purba, Jumat (21/2/2020).

Mudahalam menjelaskan total ada 23 orang yang keracunan. Mereka disebut memakan daging anjing pada Rabu (19/2). Sehari setelahnya, mereka mulai merasa mual dan muntah-muntah.

"Muntah-muntah mereka, lalu dibawa ke puskesmas yang ada di kecamatan," lanjut Mudahalam.

Kondisi para warga, kata Mudahalam, saat ini mulai membaik. Namun dia menyebut warga yang keracunan masih harus dirawat.

"Tadi susah kami cek, tidak ada yang serius. Sudah mulai membaik, tapi masih harus dirawat," jelasnya.

Kapolsek Balata, AKP Jagani Sijabat mengatakan, ada sekitar 27 warga setempat dilarikan ke Puskesmas terdekat karena mengalami muntah-muntah dan sakit perut. Sebelumnya, mereka saat itu patungan untuk menggelar hajatan dengan menu utamanya daging anjing.

“Kejadiannya pada Rabu 19 Februari 2020. Dari laporan kami terima ada 27 orang keracunan dan masih dirawat di rumah sakit. Kami masih melakukan penyelidikan terkait keracunan ini,” ujar Jagani, Jumat (21/2).(R05)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index