Eks Gafatar Asal Riau akan Ditampung di Asrama Haji Riau

Eks Gafatar Asal Riau akan Ditampung di Asrama Haji Riau

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah melihat langsung kondisi eks Gafatar asal Riau, yang berada di mess Kementrian Sosial di Jakarta, dimana terdapat 135 eks Gafatar asal Riau. Setelah mengurus kepulangan mereka melalui jalur darat kini Komisi E DPRD Riau juga membahas tempat penampungan untuk ratusan eks Gafatar.

 
Untuk itu Ketua Komisi E DPRD Riau Masnur, mengusulkan asrama haji Riau yang ada di Rumbai Pekanbaru untuk menampung para eks Gafatar bergitu sampai di Riau.
 
"Kita memiliki rencana setelah nantinya ratusan orang eks Gafatar tiba di sini (Pekanbaru) kita akan menaruh mereka di Asrama Haji yang ada di Rumbai. Hal ini diputuskan setelah kita berbincang dengan fokopinda dan kanwil Riau yang setuju mengenai usulan ini," ujar Masnur. 
 
Nantinya Dispora akan mengunjungi tempat itu secara teknis. Ia berharap mereka dapat tidur tidak seperti di sana di GOR beralaskan tikar saja, kalau di asrama haji kita memiliki kamar dan tempat tidurnya.
 
Harapan terselip dari Masnur untuk mantan pengikut Gafatar ini untuk bisa kembali kepada jati diri mereka dan kepercayaan mereka, sehingga nantinya ketika sampai ke tempat asal mereka bisa diterima dan kembali berkumpul kepada keluarga.
 
"Eks Gafatar nantinya akan ditampung aturannya sama dengan daerah lain selama tiga hari tapi adanya saran dari Kapolda melalui Kapolres Kota PEkanbaru meminta satu bulan, namun kemungkinan nantinya akan kita coba perbincangkan sekitar seminggu atau dua minggu, sehingga pemberian pemahaman kepada mereka bisa masuk dan mereka mengerti akan jati diri mereka, sehingga mereka benar-benar dibenahi kembali," pungkas Masnur. (R06)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index