PAN Buka Ruang Evaluasi Dukungan untuk Kasmarni-Bagus Santoso

Jumat, 03 Juli 2020 | 21:55:50 WIB
PAN Buka Ruang Evaluasi Dukungan untuk Kasmarni-Bagus Santoso
Ket Foto : Sekretaris DPW PAN Riau Tengku Zulmizan Assagaff.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Partai Amanat Nasional (PAN) membuka ruang untuk melakukan evaluasi terhadap  pasangan Kasmarni- Bagus Santoso pada Pilkada Bengkalis 2020 yang akan datang.

Sinyal evaluasi tersebut didapatkan setelah ada perintah dari DPP PAN untuk mencermati dan aktif memberi masukan obyektif terkait kasus persidangan Bupati Bengkalis nonaktif, Amril Mukminin yang tak lain adalah suami dari Kasmarni.  

''Sinyal yang kami dapatkan, Partai Amanat Nasional (PAN) membuka ruang dilakukan evaluasi dukungan terhadap pasangan Kasmarni - Bagus Santoso untuk Pilkada Bengkalis 2020  mendatang,'' ungkap Sekretaris DPW PAN Riau, Tengku Zulmizan Assagaff.

''Menyusul perkembangan sidang Bupati Bengkalis Non Aktif Amril Mukminin yang merupakan suami dari Ibu Kasmarni. Dimana setelah dua kali persidangan digelar, terungkap adanya indikasi aliran dana suap untuk Amril menggunakan rekening Kasmarni yang diungkap oleh JPU dan saksi-saksi.

Oleh DPP PAN, kami diminta memcermati perkembangan ini dan aktif memberi masukan obyektif,'' kata dia.  

Karena itulah, ungkap Zulmizan, Makanya PAN  sebut terbuka ruang untuk dilakukan evaluasi. 

''Jika posisi Kasmarni semakin berat, misalnya nanti fakta persidangan mengungkap keterlibatannya dan dia ditetapkan sebagai tersangka, maka kemungkinan besar PAN akan menarik dukungan. Karena sangatlah tidak strategis bagi PAN mendukung figur yang berstatus sebagai tersangka,'' kata dia. 

Dukungan Pilkada, dijelaskan Zulmizan, bukan hanya sekadar persoalan elektabilitas calon, tetapi juga menyangkut tanggung jawab moral partai kepada masyarakat banyak sebagai institusi yang punya otoritas mendukung calon.

''Namun, jika Kasmarni bisa membuktikan dia bersih dan tidak terseret, maka dukungan dapat diteruskan,'' kata dia. 

Dari rilis melalaui pesan whatsapp yang kami terima, Zulmizan juga menjelaskan, walaupun SK sudah resmi diserahkan, pihaknya tetap akan mencermati dinamika yang berkembang. 

''Jika terjadi sesuatu hal yang berpengaruh signifikan sebelum pendaftaran, PAN akan bersikap realistis. Memperbaiki keputusan untuk tujuan yang lebih strategis bukanlah hal mustahil. Tentu kami akan cermat dalam hal ini dengan minta pendapat para pakar hukum yang ada di PAN,'' kata dia.

Sebagai struktur di wilayah tugas, Zulmizan juga menjelaskan, PAN memberi masukan kepada DPP. Selebihnya menjadi kewenangan DPP sebagai otoritas pembuat keputusan yang menerbitkan SK. 

''Kita hormati asas praduga tidak bersalah (presumption of innocent) tetapi jangan sampai dukungan kita menjadi ekstraberat dan blounder  bagi citra partai,'' pungkas dia.(r/R04)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS