Gubri Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Secara Virtual

Gubri Serahkan Sertifikat Tanah untuk Warga Secara Virtual

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (7/8/2020).

Adapun Gubri didampingi oleh kepala BPN Provinsi Riau M Syahrir, Wakil Kapolda Riau, Wakil Kejaksaan Tinggi Provinsi Riau Daru Tri Sadono.

Dalam sambutan Syamsuar, masyarakat yang berada di Provinsi Riau dalam rangka memberikan kepastian hukum hak atas tanah serta dapat mendukung dalam mewujudkan Riau yang berkeadilan.

Syamsuar menyampaikan, yang tidak lepas dari visi jangka panjang Provinsi Riau yaitu terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu.

Kemudian, bagaimana kegiatan acara pada hari ini yaitu penyerahan sertifikat tanah untuk rakyat secara virtual se-Provinsi Riau sebanyak 16.372 Sertifikat.

Yang terdiri,dari pendaftaran tanah sistematis pendaftaran tanah sistematis lengkap sebanyak 11.781 sertifikat.

Kemudian, redistribusi tanah sebanyak 4.367 Sertifikat, ditambah juga rumah ibadah wakaf tanah kuburan sebanyak 194 serikat di Provinsi Riau tahun 2020.

"Kami sangat mengapresiasi atas capaian kinerja program strategis nasional di Provinsi Riau oleh Kepala kantor wilayah BPN Provinsi Riau," ungkap Syamsuar.

Lebih lanjut, yaitu pendaftaran tanah sistematis lengkap yang tersebar di seluruh kabupaten kota se Provinsi Riau dengan target sebanyak 82.307 untuk peta bidang, dan 39.784 sertifikat hak atas tanahnya.

Syamsuar memastikan redistribusi Tora masih ada program strategis nasional lainnya di Riau yaitu pengadaan tanah infrastruktur untuk membuat jalan tol yang berupa akan bagian dari tol trans Sumatera.

Saat ini, tol pekanbaru-dumai sepanjang 131 KM untuk mainroad 99,9?n untuk penetapan lokasi tambahan fasilitas pendukung lainnya selesai 58%, kendala utamanya saat ini adalah Masih menunggu proses penetapan konsinasi dari Pengadilan Negeri.

Selain itu, pembangunan jalan tol Pekanbaru - Sumatera Barat terdiri dari dua seksi yaitu seksi satu yaitu Pekanbaru - Bangkinang sepanjang 40 km sedang dikerjakan, untuk seksi kedua Bangkinang - Pangkalan sepanjang 24 KM telah dilakukan.

Pekanbaru - Rengat sepanjang 175 KM dan akan dilanjutkan sampai perbatasan Provinsi Jambi dan yang terakhir adalah perencanaan jalan tol Dumai - Rantau Prapat sedang dalam pengkajian.

pembangunan pelabuhan Roro Dumai Malaka saat ini sedang dikerjakan pembangunannya untuk mencapai pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau

Untuk itu, sebagaimana yang tertuang dalam Visi Gubernur dan wakil gubernur Riau periode 2019-2024 yaitu terwujudnya Riau yang berdaya saing sejahtera bermahtabat dan unggul di Indonesia.

sementara, salah satu isinya adalah mewujudkan pembangunan Infrastruktur Daerah yang merata dan berwawasan lingkungan dan pembangunan ekonomi inklusif Mandiri dan berdaya saing.

Penyerahan dilakukan secara simbolis oleh Gubernur Riau kepada 10 Penerima Sertifikat Tanah yaitu Acep Rasidin Pekanbaru pengguna Masjid Nurul Iman, Pastor Emelius Kota Pekanbaru penggunaan gereja katolik Keuskupan Padang, Amirudin Kabupaten Kampar penggunaan Masjid Raya, Tando Kabupaten Pelalawan penggunaan Pemakaman Muda Setya, Wahab Ahmadi Kabupaten Siak penggunaan Pemakaman Umum, Abdol Basiri Sihutong Kabupaten Bengkalis, Supriyanto Kabupaten Siak, Hero Susilo Kabupaten Kampar, Asri Kabupaten Kuantan Singingi, Untung Sugianto Kota Dumai, dan langsung disaksikan Oleh Kementrian Agraria dan Tata Ruang Republik Indonesia Sofyan Djalil. (R07/MCRiau)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index