Bangun Sinergi, LPM Pekanbaru Roadshow ke Kecamatan dan Kelurahan

Selasa, 11 Agustus 2020 | 19:12:26 WIB
Bangun Sinergi, LPM Pekanbaru Roadshow ke Kecamatan dan Kelurahan
Ket Foto : Foto bersama Ketua LPM Pekanbaru dan jajaran pengurus bersama Camat dan lurah di kecamatan Limapuluh.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Membangun sinergi dan seluruh jajaran serta pemeritahan di tingkat kecamatan dan kelurahan, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kota Pekanbaru melakukan roadshow ke kecamatan dan kelurahan.

Pada kesempatan Selasa (11/8/2020), rombongan kepengurusan LPM Pekanbaru dipimpin Kepala bagian Pemberdayaan, Erna Juwita,  Ketua Sarjoko, Wakil Ketua Yasmin Zein, Zainul Akhir dan sejumlah kepengurusan lainnya melakukan kunjungan ke Kecamatan Limapuluh dan Rumbai Pesisir. 

Dalam kesempatan itu, Ketua LPM Pekanbaru, Sarjoko mengajak seluruh jajaran LPM untuk bisa membangun komunikasi dan sinergi yang baik dengan jajaran pemerintahan di tingkat kecamatan dan kelurahan yang ada. 

''LPM adalah mitra bagi pemerintah dalam membangun Kota Pekanbaru. Karena itulah, kekompakan, kebersamaan dalam menciptakan sesuatu yang baik dan dibutuhkan masyarakat perlu dilakukan,'' ungkap pria yang biasa disapa Asun itu. 

Sarjoko mengharapkan, jajaran pemerintahan di Kecamatan limapuluh, tidak ragu untuk mengajak pengurus LPM setempat untuk bersinergi, termasuk dalam menyusun program pembangunan yang menyentuh pada kebutuhan masyarakat. ''Kami LPM siap membantu pemerintah,'' ungkap Sarjoko.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberdayaan, Erna Juwita lebih menekankan pada upaya pemberdayaan peran masyarakat melalui lembaga-lembaga yang ada. ''LPM adalah salah satu dari lembaga yng diharapkan pemerintah kota untuk bisa terlibat dalam pemberdayaan peran masyarakat. Kita punya UEK-SP, PMB RW, semuanya diharapkan berperan dan memberi kontribusi untuk kemajuan kota,''sebut Erna.

Sebagai bentuk upaya pemberdayaan peran amsyarakat, pemerintah kota menerbitkan Perwako  sebagai sandaran penguatan peran LPM. ''Penguatan secara administrasi ini dilakukan untuk menciptakan keseragaman dalam peran keorganisasian di LPM. Jadi ada beberapa item di dalam perwako yang sedang dalam proses penyempurnaan dan kita harapkan ke depan semuanya mengacu pada Perwako tersebut,'' ungkap Erna.

Dalam kesempatan tersebut, Camat Limapuluh, Indra Maulana mengaku sangat mengapresiasi keberadaan LPM. ''Kami di Limapuluh terus bersinergi dengan seluruh komponen, termasuk LPM,'' sebut Indra. 

Dia juga menyebutkan, sebagai salah satu unsur pemndukung kebijakan pemerintah yang terlibat langsung dalam pengambilan keputusan, LPM diharapkan bisa terus bersinergi. 

''Misalnya dalam situasi akhir-akhirnya, dalam penyerahan bantuan sosial kepada masyarakat terdampak Covid-19, kami mengajak LPM di kelurahan untuk sama-sama memantau masyarakat sesuai data yang masuk. Kami minta LPM juga memberikan informasi sesuai dengan kondisi di lpangan, karena LPM juga ada di tengah masyarakat,'' kata dia. 

Pada kesempatan itu, jajaran pengurus LPM Pekanbaru juga melakukan peninjauan ke kantor LPM di kelurahan Rintis, Sekip juga Tanjung Rhu. 

Selain itu, kunjungan kerja juga dilakukan ke kantor baru LPM Umban Sari. 

''Kantor ini dibangun di atas tanah yang dihibahkan masyarakat dan dibangun dengan swadaya masyarakat.(R02)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS