Resmikan Masjid Al Kautsar, Bupati Siak Alfedri: Terapkan Protokol Kesehatan 

Resmikan Masjid Al Kautsar, Bupati Siak  Alfedri: Terapkan Protokol Kesehatan 
Bupati Siak Alfedri menandatangani prasasti pendirian Masjid Al Kautsar Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak.

SIAK (RIAUSKY.COM)- Didampingi sejumlah pejabat Pemkab Siak, Bupati Siak H Alfedri M.Si meresmikan Masjid Al Kautsar Kelurahan Kampung Rempak Kecamatan Siak, Jum’at (14/08/2020) malam.

“Membangun Masjid bukanlah semata-mata kegiatan pembangunan tempat ibadah,lebih dari itu hakikat membangun Masjid adalah membangun umat (jama’ah) dan membina basis dakwah yang bermuara pada peningkatan kualitas iman kita,” kata Alfedri.

Bupati Alfedri lantas mengatakan, untuk mengoptimalkan fungsi dan peran Masjid sebagai pusat pembinaan umat, tidak mungkin dapat dikelola oleh satu ataupun sekelompok orang, melainkan dengan melibatkan semua komponen umat Islam yang berada di sekitarnya agar Masjid itu menjadi makmur.

“Sesuai dengan nama Al-Kautsar yang berarti memberi nikmat berlimpah kepada umat manusia, saya berharap Masjid Al-Kautsar ini dioptimalkan fungsi dan perannya, yaitu sebagai pusat pembinaan umat dan basis dakwah. Hal ini tidak dapat dikelola satu ataupun sekelompok umat saja, melainkan seluruh umat Islam sekitar,” jelasnya.

Alfedri lantas menjabarkan, terdapat tiga pendekatan yang dapat dikembangkan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid.

“Ada tiga pendekatan dalam mengoptimalkan fungsi Masjid ini, pertama Masjid kita ini harus dijadikan sebagai lembaga yang mandiri, independen, berwibawa, dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi jama’ahnya untuk selalu memakmurkan Masjid Al-Kautsar ini”, katanya.

Hal kedua menurut Alfedri Masjid harus dijadikan sebagai pusat pembinaan umat,yang seyogyanya sebagai pengayom dan tempat berlindung jama’ah dari berbagai persoalan kehidupan, dengan komitmen menempatkan kepentingan umat diatas kepentingan individu, kelompok, dan kekuasaan dengan di landasi semangat persaudaraan.

Hal terakhir menurutnya ialah, pengembangan fungsi Masjid yang dapat mengakomodir jama’ah untuk mendapatkan ilmu agama dalam menghadapi kehidupan sehari-hari.

Menjelang akhir sambutannya, Bupati Alfedri menyampaikan harapannya agar Masjid Al-Kautsar yang baru diresmikannya itu difungsikan sebagai tempat edukasi penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 kepada masyarakat sekitar.(Advertorial Pemkab Siak)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index