Luhut Pandjaitan Sebut Indonesia Sudah Punya Vaksin Covid, Tapi Belum Bisa Lakukan Vaksinasi Karena Tunggu Izin Ini... 

Luhut Pandjaitan Sebut Indonesia Sudah Punya Vaksin Covid, Tapi Belum Bisa Lakukan  Vaksinasi Karena Tunggu Izin Ini... 
Luhut Binsar Pandjaitan/net

JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan memperkirakan pemberian vaksin yang ditargetkan November 2020 mundur. 

Sebab, belum ada emergency use authorization (EUA) alias izin penggunaan darurat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Dia menjelaskan, keterlambatan pemberian vaksin dari target bukan karena vaksinnya belum ada. "Vaksinnya sudah ada dan didapatkan pemerintah, hanya tinggal menunggu izin EUA," ujarnya.

"Tadi Presiden (Jokowi), telepon saya, soal vaksin sudah dapat. Rencananya yang minggu kedua November bisa tak tercapai, namun bukan barangnya tidak siap. Tapi emergency use authorization belum bisa dikeluarkan BPOM," kata Luhut dalam acara di Lemhanas disiarkan di YouTube, Jumat (23/10/2020).

Dia menjelaskan, pemerintah ingin memastikan terlebih dahulu izin EUA bisa diberikan. Hal itu agar pemberian vaksin sesuai aturan.

"Jadi Presiden (Jokowi) tak ingin lari dari situ. Beliau mengatakan keamanan nomor satu. Maka itu kita lihat sampai kapan itu," katanya.

Sebelumnya, luhut yang juga Wakil Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) menyebutkan tengah menyiapkan vaksin Covid-19, yang diharapkan November 2020 sudah dapat diterima.

"Kita juga menekankan pentingnya melakukan targeted, testing dan tracing (3T). Selagi menunggu datangnya vaksin Covid-19," ujarnya.(R04)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index