Pjs. Bupati Rohul Terima Bantuan 2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Rambah

Jumat, 27 November 2020 | 21:10:56 WIB
Pjs. Bupati Rohul Terima Bantuan  2.000 Paket Sembako untuk Korban Banjir di Rambah
Ket Foto : Anggota Komisi VIII yang juga mantan Bupati Rohul dua perode DR Achmad MSi menyerahkan bantuan kepada Pjs. Bupati Rohul Masrul Kasmy.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Rokan Hulu Drs.H. Masrul Kasmy menerima ribuan paket sembako bantuan dari Kementerian Sosial melalaui program aspirasi kepada untuk masyarakat Rokan Hulu.

Bantuan tersebut diserahkan secara simbolis oleh Anggota Komisi VII DPR RI yang membidangi masalah Sosial, yang juga mantan Bupati Rokan Hulu dua periode, DR.H Achmad MSi, Jum’at (27/11/2020)

Total bantuan yang diterima yakni sebanyak 2.000 paket sembako yang diperuntukkan bagi korban bencana banjir di Rokan Hulu, khususnya yang menetap di Rambah yang kondisi pemukimannya ikut terendam banjir.

Masrul Kasmy, dalam kesempatan itu  mnghaturkan terima kasihnya  kepada Anggota DPR RI yang telah peduli dengan warga yang terdampak banjir di Rohul. 

Diakuinya, karena bantuan itu sangat dibutuhkan warga apalagi ditengah Pandemi saat ini.

“Alhamdulillah ini bentuk perhatian kepedulian dari Anggota DPR RI Komisi VIII, yang berkoordinasi dengan kementerian sehingga bisa membantu masyarakat yang emmerlukan bantuan,'' ungkap Masrul.

Dia mengakui, saat ini, di tengah pandemi, persoalan yang dihadapi oleh masyarakat tidak hanya terkait kesulitan ekonomi, namun juga persoalan bencana, salah satunya banjir. 

''Kehadiran Pak Achmad, mantan Bupati kita di Rokan Hulu adalah sebuah berkah bagi semua, karena, di tengah ksibukannya di Komisi VIII, tetap memberikan atensi dengan membangun koordinasi dengan sejumlah kementerian untuk  membantu masyarakat di daerah asal pemilihannya. Kami haturkan terima kasih,'' ungkap Masrul.

Dia tidak menafikan, bahwa dalam penanganan bencana, pemerintah daerah berhadap dukungan dari banyak pihak, bukan saja dari kemampuan anggaran daerah, namun juga kalangan swasta juga para tokoh daerah untuk ikut membantu kesulitan masyarakat. 

Pjs. Bupati Rokan Hulu Masrul kasmy menyerahkan bantuan Sembako kepada salah seorang warga korban banjir di Rambah. 

''Kita tidak bisa menutup diri juga, bahwa ada banyak kendala dalam penyusunan program terkait kebencanaan, salah satunya terbatasnya kemampuan anggaran daerah yang dialokasikan melalui APBD. Tapi dengan bentuk dukungan seperti ini, pemerintah dan masyarakat terutama tentunya sangat terbantu,'' ungkap Masrul.

Dia juga menyebutkan, tidak hanya sebatas bantuan tanggap darurat berupa sembako, namun juga dalam bentuk sarana prasarana seperti alat tanggap bencana maupun infrastruktur yang ketersediaannya juga sangat terbatas di daerah. ''Kami berharap dukungan dari Komisi VIII sebagai mitra kerja Kementerian Sosial untuk juga ikut membantu,'' harap dia.

Anggota DPR RI DR  H. Achmad M.Si selepas penyerahan bantuan untuk warga terdampak banjir di Rohul mengungkapkan ini merupakan program aspirasi sebagai anggota DPR RI yang bekerjasama dengan mitranya di Komisi VIII dengan Kemensos dan BNPB dengan memberikan bantuan 2.000 paket sembako.

“Ini adalah aspirasi kita sebagai Anggota DPR RI melalui dua lembaga yaitu Kemensos dan BNPB, BNPB memberikan bantuan 1000 paket sembako dan Kemensos 1000 paket sembako, hari ini kita serahkan secara simbolis kepada Pjs Bupati Rohul sebanyak 2000 paket sembako, mudah-mudahan sembako ini dapat meringankan beban masyarakat yang terkena banjir,” harap Achmad

Mantan Bupati Rohul dua periode ini juga mengajak jajaran Pemkab Rokan hulu  untuk gesit menjemput bola atau mencari anggaran APBD Provinsi dan APBN di Pusat. 

Dengan intens melakukan koordinasi, komunikasi dengan jajaran Kementerian, maupun badan yang terkait, dia yakin, keterbatasan kemampuan anggaran daerah untuk penanganan permasalahan sosial, salah satunya terkait kebencanaan bisa terbantu. 

“Setiap kepala OPD, disamping mengelola dana APBD Rohul ini, tentu juga diharapkan untuk mencari dana keluar baik di APBD Provinsi maupun APBN, nah karena kami ada disana (Senayan) sebabagi Wakil rakyat, Rohul dan 7 Kabupaten/Kota di Riau, tentu kita harapkan ini ada sinerginya,” kata Achmad. 

Tampak  hadir pada saat penyerahan bantuan ini   Perwakilan BNPB, Kadis Sosial P3A Rohul Hj Sri Mulyati, S.Sos, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadisdukcapil Rohul Syaiful Bahri dan Kepala OPD lainnya, Camat Rambah dan ratusan warga korban banjir.(Advertorial Pemkab Rohul)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
loading...
Tulis Komentar Index »
IKLAN BARIS