Pelalawan Maju Lewat Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia

Pelalawan Maju Lewat Peningkatan Kualitas Sumber Daya Manusia
Bupati Pelalawan H Zukri saat meresmikan SD Negeri 029 Kesuma Jaya Pangkalan Kuras beberapa waktu lalu.


PANGKALANKERINCI (RIAUSKY.COM)- Sebagai daerah yang sedang tumbuh dan berkembang, Kabupaten Pelalawan memerlukan percepatan untuk bisa mencapai kemajuan yang optimal. 

Salah satu langkah yang paling penting untuk dibenahi tentu saja adalah sumber daya manusia yang siap mendukung laju pembangunan. 

Memahami sekali hal tersebut, Bupati Pelalawan H Zukri Misran dan Wakil Bupati Nasaruddin SH. MH sangat memiliki atensi yang besar dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

Salah satunya adalah dengan membenahi aktivitas di dunia pendidikan.

Dalam visi Pelalawan MAJU, Pasangan bupati dan Wakil Bupati Pelalawan ini menjadikan ''Sumber Daya Manusia yang unggul dalam ilmu pengetahuan dan iman  (Maju SDM)'' sebagai salah satu pilar dari percepatan pembangunan di Kabupaten Pelalawan.

Tentunya, membangun sumber daya manusia tidak bisa berbicara saat ini. Mengingat peningkatan kualitas sumber daya manusia adalah investasi jangka panjang dan mahal.

Untuk itulah, Bupati Pelalawan membuat beberapa gebrakan untuk menunjang para terciptanya SDM yang unggul yang diharapkan nantinya akan bisa mendukung pada terciptanya percepatan pembangunan di Kabupaten Pelalawan.

Dalam dua tahun kepemimpinannya, Zukri-Nasar membenahi infrastruktur pendidikan mulai dari jenjang terendah hingga pendidikan tinggi.

Hal itu ditandai dengan pemerataan penyediaan prasarana pendidikan  di seluruh wilayah kecamatan dan pedesaan di Kabupaten Pelalawan, khususnya untuk tingkat dasar hingga sekolah menengah atas. 

Hal tersebut untuk mencegah ketimpangan pembangunan di dunia pendidikan antar wilayah. Dan Zukri berharap, tidak ada lagi anak-anak usia sekolah yang kesulitan mengakses dunia pendidikan yang disebabkan sulitnya menjangkau fasilitas pendidikan.

Zukri juga mewajibkan semua anak-anak usia sekolah di Pelalawan untuk mendapatkan fasilitas pendidikan dan belajar yang layak.

Karena itulah, Pemkab Pelalawan menyediakan sejumlah fasilitas pendidikan yang memudahkan anak-anak usia belajar untuk mendapatkan pendidikan yang layak tersebut. Salah satunya dengan dukungan beasiswa baik dari pemerintah maupun stake holder lainnya.

Bupati Pelalawan juga menggandeng pihak swasta di sekitar masyarakat untuk terlibat dalam mendukung pendidikan masyarakat di sekitar usahanya.

Zukri pun memastikan, pendidikan gratis untuk seluruh anak-anak usia sekolah di sekolah yang dikelola pemerintah, termasuk bagi anak-anak dari keluarga kurang mamu atau yatim piatu. 

Dalam hal pengembangan infrastruktur pendidikan seperti sekolah, prasarana jalan menuju akses ke dunia pendidikan,  termasuk penyediaan beasiswa, Zukri juga menggandeng pihak swasta, khususnya perusahaan yang ada di sekitar masyarakat untuk ikut berkontribusi dalam memudahkan pendidikan.

Begitu pun untuk pendidikan tinggi. Saat ini, Pemkab Pelalawan juga terus membenahi fasilitas pendidikan yang ada, salah satunya kampus Institut Teknologi Perkebunan Pelalawan Indonesia (IPT2I) Pangkalan Kerinci.

Sebagai kampus yang akan menghasilkan banyak sumber daya manusia yang akan memenuhi lapangan pekerjaan di industri-industri perkebunan di Pelalawan, Zukri melihat kampus ITP2I ini menjadi aset besar yang harus dikelola dengan lebih maju lagi.

Karena itulah, saat Pelantikan Rektor ITP2I beberapa waktu lalu, Zukri memesankan khusus kepada Rektor IPT2I yang baru, Dr Muhammad Syafii SPd, Msi untuk menyamakan niat, untuk menjadikan kampus terapan yang hanya ada satu-satunya di Indonesia ini untuk menjadi lebih baik. 

''Kepada Pak Rektor yang baru, beban sudah dipundak. Saya yakin anak muda bisa berbuat yang lebih baik,'' pesan Zukri kala itu.

Tak hanya kepada Rektor, Zukri juga mengajak seluruh Civitas Akademika ITP2I untuk juga meluruskan niat, berjalan bersama pemerintah guna memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pelalawan. 

Zukri berharap, ITP2I bisa menjadi salah satu kampus institut ilmu terapan terbaik yang dimiliki, khususnya di bidang teknologi industri dan perkelapasawitan yang ada di Indonesia.

Zukri juga menjelaskan, pengembangan SDM Pelalawan adalah bagian dari proses dan tujuan dalam pembangunan daerah.  Menyadari SDM adalah modal penting dalam pembangunan daerah, H Zukri menempatkan sektor ini sebagai sektor yang perioritas. 

"Pembangunan daerah bila tidak didukung oleh SDM yang mumpuni maka tidak akan terwujud secara maksimal. Pelalawan memiliki potensi sumber daya alam yang tinggi. Untuk menggali, memanfaatkan, dan mengembangkan butuh SDM yang berkualitas dan profesional,'' ungkap dia.

Zukri juga tak ingin tanggung-tanggung dalam menggapai program prioritas yang menjadi visinya. Karena, kebijakan tersebut akan berimplikasi langsung terhadap perkembangan kabupaten Pelalawan ke depannya.

Dia mencontohkan, salah satunya dengan kebijakan Pemkab Pelalawan untuk menyekolahkan anak-anak Pelalawan yang kuliah di Fakultas Kedokteran.

Pemuda-pemudi Pelalawan yang akan menjadidokter itu akan dibiayai pemerintah daerah, namun dengan catatan, setelah selesai pendidikan, akan kembali mengabdi ke daerah, menjadi dokter di seluruh penjuru Pelalawan.

begitu pun untuk anak-anak dari keluarga yang kurang mampu namun berprestasi  yang kuliah di perguruan tinggi, Pemkab Pelalawan tetap mengalokasikan beasiswa untuk menunjang selesainya perkuliahan tanpa harus terhambat oleh biaya. 

Zukri berharap, seluruh putra putri pelalawan bisa menjadi bagian dari kemajuan daerah. ''Kita harapkan, mereka-mereka inilah yang nantinya akan mengisi lapangan pekerjaan di perusahaan-perusahaan yang beraktivitas di daerah Pelalawan. Jadi tidak ada lagi bahasanya, anak-anak tempatan tidak memenuhi kualifikasi sumber daya manusia yang dibutuhkan perusahaan-perusahaan yang ada,'' kata dia. 

Dalam kesempatan Penandatanganan MoU bersama Rektor Universitas Lancang Kuning beberapa waktu lalu, Bupati Zukri Misran juga kembali menegaskan komitmennya untuk mengkuliahkan  pemuda pemudi pelalawan di kampus-kampus terbaik bukan saja di Pelalawan, namun juga di Provinsi Riau, juga dikampus-kampus favorit nasional. 

Karena, pendidikan yang baik, ilmu pengetahuan yang memadai serta skill yang dimiliki itulah yang akan menjadi modal dasar bagi mereka untuk bisa membangun daerah ke depan. 

Zukri juga mengapresiasi kehadiran dari kampus-kampus yang ada di Provinsi Riau guna mendukung upaya percepatan pembangunan sumber daya manusia di Pelalawan sebagaimana yang dilaksanakan oleh Unilak. 

Karena itulah, dia berterima kasih untuk dukungan yang diberikan untuk peningkatan kualitas sumber daya manusia yng dilakukan lewat program kerja sama ini.

Termasuk di antaranya dengan memfasilitasi ASN maupun kepala desa yng ada untuk kuliah.

Hal tersebut, sebut Zukri tentu saja akan berkorelasi dengan kemampuan yang dimiliki dalam mengemban tugas-tugas kemasyarakatan, pelayanan di tengah era disrupsi digital yang terjadi saat ini. 

Menurut Zukri, bertahan dengan pola konvensional tentu akan lambat. Karena itulah, paratur pemerintahan pun perlu meng upgrade pengetahuan lewat kampus-kampus yang ada, sebagaimana yang dilakukan oleh Unilak.

Bupati Pelalawan juga menyampaikan bahwa  Pemkab Pelalawan berkomitmen untuk peningkatan pendidikan, SDM, dan kesejahteraan.

"Beasiswa yang tadi hanya untuk mahasiswa S1 kini telah kami kembangkan termasuk  untuk S2 juga S3- doktor. Ini telah menjadi program dalam visi misi kami saat memimpin Pelalawan," jelasnya. 

Semenjak awal kepemimpinan Zukri - Nasar, Pemkab Pelalawan secara intens mngalokasikan anggaran untuk peningkatan sumber daya manusia melalaui beberapa bidang. 

Mulai dari prasarana infrastruktur pendidikan, beasiswa, peningkatan kesejahteraan keluarga, bantuan untuk guru-guru mengaji, bantuan untuk anak yatim dan keluarga tak mampu dan berbagai program yang dialokasikan untuk mendukung peningkatan kualitas sumber daya manusia. 

Program-program yang langsung dirasakan masyarakat manfaatnya itu diharapkan bisa membangkitkan kualitas SDM Pelalawan yang maju di masa yang akan datang. (Advertorial)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index