Ratusan Polisi Disiagakan, Antisipasi Ricuh Demo Jemaat Gereja HKBP Sumber Sari

Ratusan Polisi Disiagakan, Antisipasi Ricuh Demo Jemaat Gereja HKBP Sumber Sari
Suasana di halaman Gereja HKBP Sumber Sari, Kecamatan Limapuluh. Foto Riau Editor
PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Ratusan jemaat gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Resort Sumber Sari Kecamatan Limapuluh Pekanbaru berdemonstrasi di halaman gereja, Ahad, 27 Maret 2016. 
 
Mereka melakukan aksi menolak dilantiknya pendeta baru, Kepas Purba S.Th karena dianggap berlawanan dengan peraturan HKBP pasal 25 poin 1.5 ayat b hal. 122, dan tetap mempertahankan pendeta Kana Silitonga. M.Div sebagai pendeta Resort yang sebenarnya.
 
Dalam aksinya, selain berkumpul di halaman gereja, ratusan massa jemat gereja tersebut juga membawa sejumlah spanduk dan baliho yang menyatakan penolakan mereka. 
 
"Kami jemaat HKBP Resort Sumber Sari menolak keras pelantikan Pdt. Kepas Purba STh karena berlawanan dengan AP HKBP Pasal 25 poin 1. 5 ayat b hal. 122, serta menolak pelantikan pendeta yang lain dan tetap mempertahankan Pdt Kana Silitonga M Div sebagai pendeta Ressort yang sah, sebelum adanya pengembalian nama baik Pdt Kana Silitonga M Div,". Demikian bunyi spanduk yang dibentangkan ratusan jemaat tersebut.
 
Sekitar 200-an aparat kepolisian dibawah komando langsung Wakapolresta Pekanbaru, Sugeng Putut Wicaksono disiagakan untuk mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan dari aksi tersebut. 
 
''Kita tak mengganggu aktivitas gereja. Kita ingin memastikan situasi tetap aman dan kondusif untuk mereka yang sedang beribadah,'' kata Sugeng yang saat  itu didampingi Kabag Ops, Kompol M Simbiring.
 
Hingga berita diturunkan, aksi masih tetap berlangsung, namun berjalan tertib dan tidak ada tindak anakrkhis. (R11/i)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index