Melemah 10 poin

Rupiah Dilepas Rp14.452 per Dolar AS

Rupiah Dilepas Rp14.452 per Dolar AS
JAKARTA (RIAUSKY.COM)- Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada mengatakan,  nilai tukar mata uang rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) kemungkinan masih akan melemah hari ini. Apalagi jika tidak ada langkah kongkret dari otoritas moneter dan pemerintah. 
 
Seperti dihimpun dari viva, berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dolar Rate (Jisdor) / Kurs Tengah Bank Indonesia (BI), Rabu, 16 September 2015, rupiah dipatok Rp14.442 per dolar AS. Melemah dari hari sebelumnnya yaitu Rp14.371 per dolar AS. 
 
"Penguatan bursa saham global yang dibarengi dengan membaiknya laju mata uang Asia tampaknya belum cukup kuat untuk mengajak rupiah untuk duduk bareng di zona hijau," ujarnya, Kamis, 17 September 2015.
 
Reza mengatakan, pelemahan rupiah yang terus terjadi menurut dia tidak wajar, mengingat mata uang negara berkembang lainnya yang juga mengalami pelemahan terhadap dolar AS tidak separah rupiah.
 
Padahal, sentimennya kurang lebih sama, dimana pelaku pasar masih menunggu dan memperhatikan rilis hasil pertemuan bank sentral AS (The Fed). 
 
Di sisi lain, kata Reza, mulai meningkatnya harga minyak dunia seharusnya membuat penguatan laju dolar kian tertahan. Namun, itupun juga tidak membuat rupiah menguat. 
 
Reza menargetkan, target support (batas bawah) laju rupiah di angka Rp 14.385 per dolar AS. Sementara rupiah hari ini diperkirakan akan berada di level Rp14.450 - Rp 14.436.(R01/int/bc)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index