Sekjen: LPM Pekanbaru Terbaik di Indonesia

Jumat, 23 September 2022 | 01:33:04 WIB
Sekjen: LPM Pekanbaru Terbaik  di Indonesia
Ket Foto : Sekjen DPP LPM RI Mukradis Hadi menyerahkan plakar kepada Ketua DPD LPM Pekanbaru Sarjoko disaksikan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun.

 

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Sekretaris Jendral Lembaa Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Mukradis Hadi Kesuma Jaya memberikan penilaian terbaik terhadap eksistensi LPM Kota Pekanbaru.

Hal tersebut disampaikannya saat menghadiri Rapat Kerja Daerah (Rakderda) LPM Kota Pekanbaru yan dilaksanakan Kamis (22/9/2022).

Dalam acara yang dibuka langsung oleh Penjabat (Pj) Wali  Kota Pekanbaru Muflihun tersebut, Mukradis mengungkapkan pihaknya mempunyai penilaian tersendiri terhadap seluruh LPM yang ada di seluruh Indonesia.

''Dari 33 LPM provinsi, setahu saya ada 7 LPM Provinsi terbaik. Saya munkin tidak akan sebutkan yang terbaik dari mereka di forum ini. Namun untuk LPM kabupaten kota, dari 3 terbaik yan saya ketahui, maka LPM Pekanbaru adalah yang paling baik,'' ungkap  Mukradis.

Dia menjelaskan, dari seluruh aktivitas penilaian yang bisa dilakukan, sangat sulit untuk mengalahkan penilaian terhadap LPM Kota Pekanbaru.

Penilaian tersebut tak hanya oleh dirinya. Namun juga oleh Ketua Umum DPP LPM Ahmad Dolly Kurnia.

''Sederhananya, jelas dia, hadir dalam momen acara yang dilaksanakan oleh LPM Kabupaten kota seperti yan dilaksanakan oleh DPD LPM Kota Pekanbaru seperti yang dilakukan hari ini, sangat jarang terjadi. Secara hirarki organisasi, kami membawahi LPM  Provinsi. Tapi hari ini kami hadir di Pekanbaru. Buat saya, maupun Ketua Umum, LPM Pekanbaru itu sesuatu yang luar biasa. Bisa berkumpul dengan ribuan penurus LPM tingkat kelurahan dan kecamatan itu bukan hal mudah'' papar Mukradis.

''Mengapa kami datang, karena memang LPM Pekanbaru ini istimewa. Kami melihat LPM Pekanbaru ini adalah potensi besar bagaimana melihat besarnya dukungan masyarakat untuk melakukan pemberdayaan,'' lanjut dia.

''Kami atas nama pengurus DPP LPM Republik Indonesia menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kota Pekanbaru khususnya Penjabat Wali Kota Pekanbaru yang sejauh ini telah mendukung dan melakukan pembinaan LPM di Kota Pekanbaru,'' imbuhnya.

Melihat begitu besarnya potensi keunggulan yang dimiliki LPM Pekanbaru inilah sebut Mukradis yang bersuku asli bugis Makassar ini, sangat sayang bila tidak dimanfaatkan untuk bisa lebih jauh lagi mendukung lankah-langkah pemberdayaan masyarakat.

Pemberdayaan itu sebut dia harus dimulai dari diri pengurus LPM Pekanbaru. Karena itulah, alumni S2 lulusan Amerika Serikat itu dia sanat mendukung upaya memberikan edukasi kepada penurus untuk bagaimana meningkatkan penetahuan tentang program-program pemberdayaan.

Dalam acara yang juga mendapuk Mukradis sebagai salah satu nara sumber utama itu, dia berharap LPM mampu berperan lebih jauh lagi di tengah masyarakat. Dia pun menyampaikan sejumlah trik edukasi untuk lankah pemberdayaan itu pada kesempatan tersebut.

Ketua DPD LPM Kota Pekanbaru Sarjoko menyampaikan terima kasih atas dukungan dan motivasi yan telah diberikan DPP LPM khususnya kepada LPM Kota Pekanbaru.

Mengapa LPM di Pekanbaru bisa menjadi demikian besar sebut Sarjoko tidak terlepas dari keikhlasan hati para pengurus untuk membesarkan LPM itu sendiri dalam rangka membangun pemberdayaan masyarakat.

Dengan latar belakang yang beragam Sarjoko yakin LPM Pekanbaru akan mempu mendukung harapan dari pemerintah untuk bisa tampil di depan dalam upaya pemberdayaan itu.

Dan baginya, sebut Sarjoko, bisa melihat kemandirian dan keberdayaan itu muncul di tengah kakaran pengurus di tingkat LPM Kelurahan maupun DPC adalah sebuah kebanggaan. ''DPD ini tidak meminta apa-apa. Bisa melihat seluruh pasar kuliner tumbuh dengan baik dan menjadi cikal bakal kemajuan UMKM di tengah masyarakat, itu bagi kami sudah lebih dari cukup,'' imbuhnya.

Karena, lanjut pria yang biasa disapa Asun itu, itulah yang membuktikan bahwa peran pemberdayaan yang dilaksanakan LPM benar-benar terjadi.

''LPM harus berkontribusi untuk membangun Kota Pekanbaru dan akan terus bersinergi untuk pembangunan kota ini,'' tutup dia.(R03)

 

 


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »