Bupati Rezita Meylani Hadiri Paripurna DPRD Pengesahan APBD–Perubahan Inhu 2022 Sebesar Rp.1,6 Triliun

Kamis, 29 September 2022 | 22:36:34 WIB
Bupati Rezita Meylani Hadiri Paripurna DPRD  Pengesahan APBD–Perubahan Inhu 2022 Sebesar Rp.1,6 Triliun
Ket Foto :

RENGAT (RIAUSKY.COM) – Dewan Perwakil Rakyat Daerah ( DPRD ) Inhu sahkan Anggaran Pendapat Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) tahun anggaran 2022 Kabupaten Inhu,Kamis ( 29/9/2022 ) di ruang rapat lantai II Kantor DPRD Inhu guna untuk melanjutkan pembangunan daerah Kabupaten Inhu baik fisik maupun non fisik.


Adapun Pengesahan  APBD -Perubahan tahun anggaran 2022,tersebut di pimpin oleh Wakil Ketua DPRD Inhu, H Suwardi Ritonga SE, yang di hadiri langsung oleh Bupati inhu Rezita Meylani Yopi SE dan Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura,juga Forkopimda, Sekda Inhu,Ir.Hendrizal, para Asisten, Staf ahli bupati Inhu, Kepala OPD, Camat, BUMN dan BUMD.beserta puluhan anggota dprd dan undangan lainya.


Wakil ketua II Dprd Inhu H.Suwardi Ritonga SE,selaku memimpin rapat paripurna pengesahan APBD Perubahan tahun anggaran 2022 menyampaikan, sebelum pengensahan APBD Perubahan tahun anggaran 2022, awalnya melakukan tahapan  penyampaian nota keuangan dan pandangan  umum fraksi serta  jawaban pemerintah kemudian dilanjutkan melakukan pembahasan bersama OPD yang merupakan kesimpulan Banggar DPRD bersama TAPD Pemerintah Inhu.katanya.


Dalam acara rapat paripurna dewan pengesahan APBD Perubahan tahun anggaran 2022 saat ini dari jumlah anggota DPRD Inhu yakni sebanyak 40 orang. di hadiri 32 orang sementara yang tidak hadir  8 orang sehingga mengacu Tata tertip (Tatib) Dewan telah memenuhi quorum sehingga rapat paripuna dapat dilaksanakan untuk dilanjutkan pembangun daerah kabupaten Inhu tahun 2020,”Sebutnya.

Mewakili Banggar Dprd Inhu, yakni Ir. H. Adek Chandra, MSi dalam pidatonya menyampaikan bahwa dalam pembahasan APBD Perubahan tahun anggaran 2022 DPRD Inhu membentuk  2 pokja.Setelah pembahasan bersama sama dengan OPD Pemerintah Inhu sejumlah OPD ada penambahan anggaran dan ada juga tetap dari usulan awal dalam APBD Perubahan tahun anggaran 2022.dengan membacakan sejumlah rincian Opd yang mengalami Perubahan Anggaran maupun kenaikan Anggaran dari Apbd murni 2022 dimaksud yaitu,

Untuk anggaran Disdukcapil sebesar, 8 millyar lebih,Dinas Perkim 18 millyar, Bagian Umum Setda Inhu sebesar 54 millyar, Dinas PUPR sebesar 97 millyar, Dinas Kominfo sebesar 10 millyar.

Sedangkan anggaran untuk Pemerintahan  Kecamatan Rengat sebesar 16 millyar, Kecamatan Rengat Barat sebesar 7 millyar, Kecamatan Kuala Cinaku, 4 milyar, Kecamatan Seberida 6 millyar, Kecamatan Batang Cenaku, 4 milliyar, Kecamatan Batang Gansal sebesar,3 millyar, Kecamatan Lirik sebesar 3 millyar Kecamatan Pasir Penyu 10 millyar, Kecamatan Sungai Lalak,3 milyar, Sekretariat DPRD, 17 millyar.

“Sementara anggaran untuk di RSUD Indrasari Rengat sebesar 99 millyar, Bagian Kesra Setda Inhu 4 millyar, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perindungan Anak sebesar 5,7 millyar, Dinas sosial sebesar 9 millyar, Dinas Pertanian dan Peternakan  43 millyar, Dinas  Perpustakaan 6,7 millyar, Dinas Ketahanan Pangan,8 millyar, Dinas Koperasi UMK 7,1 millyar, Dinas Pendidikan sekitar 500 millyar, Dinas Pemuda Olahraga dan Parawisata 7,1 millyar, Dinas Kesehatan 280 millyar, Disnaker, 13,4 millyar , Bagian Ekonomi SDA 700 juta,”dan Bagian umum Setda inhu juga mengalami kenaikan anggaran di Apbd-P 2022 saat ini. terangnya.

Seiring dengan hal tersebut Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE.dalam pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh anggota DPRD Inhu atas terjalinnya komunikasi yang baik, kerjasama serta saran, tanggapan dan masukan selama ini terhadap Rancangan perubahan APBD Inhu tahun anggaran 2022 yang telah di setujui saat ini.

Disampaikan bupati Inhu bahwa  APBD Perubahan tahun anggaran 2022 yang di setujui DPRD Inhu mengalami perubahan atau kenaikan sebesar 271 millyar dari APBD murni tahun anggaran 2022 dimana APBD sebelumnya sebesar 1.423.785.922.922 menjadi 1.694.939.431.567.

Maka untuk itu perubahan  APBD P tersebut telah mencakup penyelenggaraan pembangunan dalam semua urusan yang menjadi kewenangan daerah sebagaiaman diamanatkan dalam  undang Undang nomor 23 tahun 2014,”ujarnya.

Sejalan dengan usainya acara paripurna tersebut Bupati Inhu Rezita Meylani Saat di Wawancarai.bahwa dengan meningkatnya Apbd-P ta.2022 yang baru di syahkan Dprd inhu adalah mengalami peningkatan sekitar lebih kurang 19%.itu kesemuanya adalah untuk melanjutkan pembangunan daerah inhu baik fisik maupun Nonfisik.

Dengan itu bupati Rezita mengatakan dalam Waktu dekat akan menyampaikan ke Gubri segera mungkin dan kita berharap hal tersebut dapat di setujui.sehingga program kelanjutan pembangunan daerah dapat segera berjalan dengan optimal.dan selanjutnya kita minta para Opd dapat melaksanakannya dengan segera dan sebaik mungkin.tutupnya.(R07)


FOLLOW Twitter @riausky dan LIKE Halaman Facebook: RiauSky.Com



 
Cetak Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Tulis Komentar Index »