PT RAPP Serahkan Peralatan Laboratorium dan Buku untuk TPK Universitas Riau

PT RAPP Serahkan Peralatan Laboratorium dan Buku untuk TPK Universitas Riau
Simbolis penyerahan hibah peralatan laboratorium dan buku kepada Teknologi Pulp dan Kertas Unri oleh Direktur PT RAPP Mohd Ali Sabri kepada Rektor Universitas Riau Prof Dr Sri Indarti SE MSi.

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Grup usaha APRIL menyerahkan hibah peralatan laboratorium dan buku kepada Teknologi Pulp dan Kertas (TPK) Universitas Riau (Unri), Selasa (7/2/2023).

Direktur RAPP Mohd Ali Sabri Nasution dalam sambutannya mengatakan kerjasama RAPP dengan Universitas Riau khsususnya untuk program D3 TPK ini sudah berlangsung sejak pendirian gedung TPK Unri pada tahun 2018 lalu. Dimana RAPP berkontribusi dalam pendirian bangunan dan penyediaan fasilitas dengan nilai investasi berkisar Rp13.9 Miliar.

"Kerjasama ini merupakan wujud spirit menteri Kemendikbud dalam hal Link and Match dalam dunia pendidikan dan industri. Jadi ini adalah satu-satunya di Indonesia, Prodi Teknik Pulp dan Kertas," ujar Mohd Ali Sabri Nasution, Selasa (6/4/2023).

Sejak saat itu, kerjasama terus berkelanjutan. Tidak hanya memberikan fasilitas sebagai hardware nya saja, tetapi juga mendukung untuk softwarenya. Salah satunya adalah dengan mendatangkan konsultan dari Jepang untuk bersama-sama membentuk daripada D3 ini.

"Selain itu kita dukung juga dengan 15 orang tenaga pengajar ahli praktisi yang merupakan karyawan senior. Kita rancang kurikulumnya, pembelajaran agar sesuai dengan skill dan kompetensinya di industri Pulp dan kertas," ucapnya.

Selain itu pihaknya juga memberikan kesempatan magang selama 9 bulan kepada mahasiswa yang nantinya di tempat magang diberikan suport oleh tempat magang. Selain itu pihaknya juga berkoordinasi dengan perusahaan internasional untuk bagaimana meningkatkan D3 TPK Unri ini.

"Jadi alumni yang sudah lulus dari TPK Unri ini ada berkisar 98 orang. Dari jumlah tersebut 95 orang atau 97 persennya itu sudah bekerja di RAPP," ungkapnya.

Dan untuk hari ini RAPP menyerahkan peralatan laboratorium yang nantinya ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Dimana peralatan ini ada pompa yang memang sengaja didesain oleh RAPP.

"Selain itu kita juga serahkan peralatan laboratorium lain. Selain itu kita juga serahkan buku-buku untuk menunjang daripada yang dibutuhkan untuk produk D3 PTK ini," ucapnya.

Lanjut Ali Sabri, sebagai industri utama yang membutuhkan tenaga kerja lulusan tekhnologi Pulp dan kertas khususnya TPK Unri, sangat berharap peningkatan kualitas pendidikan dari lulusan TPK Unri.

"Semoga TPK Unri juga jadi program studi Pioneer di bidang pendidikan Pulp dan kertas dengan pendidikan kualitas pengajar yang dapat mendukung perkembangan industri Pulp dan Paper di Provinsi Riau," harapnya.

PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Grup usaha APRIL menyerahkan hibah peralatan laboratorium kepada Teknologi Pulp dan Kertas (TPK) Universitas Riau (Unri), Selasa (7/2/2023).

Rektor Universitas Riau (Unri) Prof Dr Sri Indarti SE MSi menyampaikan ucapan terimakasih kasih kepada PT RAPP yang tentunya sangat peduli terhadap dunia pendidikan khususnya perguruan tinggi.

"Jadi kita ada program namanya Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Apa yang disampaikan pak Ali tadi ternyata satu visi. Ada disitu praktisi mengajar dan memang di MBKM itu dibutuhkan praktisi mengajar di kampus," cakapnya.

Yang kedua ada kepedulian perusahaan serta dunia usaha dan industri terhadap kampus.

"Nah itu juga yang akan meningkatkan akreditasi. Jadi kerjasama ini tak hanya kerjasama tapi benar-benar diimplementasikan dan ini sangat membanggakan tentunya," sebutnya.

Dikatakan Rektor, awal peresmian prodi ini, waktu itu belum ada nomenklaturnya. Namun begitu hebatnya RAPP kerjasama dengan Unri yang tak ada menjadi ada.

"Karena ternyata dunia kerja itu memang membutuhkan tenaga di bidang Pulp dan kertas. Makanya akhirnya tahun 2018 tadi berdirilah prodi Pulp dan Kertas ini. Jadi ini sebuah kebanggaan dan kami ucapkan terimakasih atas kepedulian RAPP Sehingga antara dunia industri dan kampus itu adalah suatu ikatan yang sangat kuat," terangnya.

"Kami yakin tanpa suport dari dunia industri dan Pemerintah daerah serta dari masyarakat, Unri juga tak bisa apa-apa. Sekali lagi kami ucapkan terimakasih sebesar-besarnya kepada RAPP," ucapnya.

Dekan Fakultas Teknik periode 2021-2025 Prof. Dr. Eng. Azridjal, ST.,MT., IPU mengatakan kegiatan hari ini merupakan kerjasama dari RAPP dan Universitas Riau dalam hal ini dengan lahirnya program studi D3 TPK yang semuanya adalah dukungan dari RAPP dan Tanoto Foundation.

"Sehingga kegiatan profi D3 ini sudah berjalan dengan lancar dan eksis. Hampir semua lulusan itu hampir terserap 100 persen di dunia kerja, yang mana pasar utamanya di PT RAPP di Riau ini," ujarnya

Kemudian hari ini adalah kegiatan penyerahan beberapa alat laboratorium sebagai bagian dari kesepakatan dan kerjasama yang diberikan oleh RAPP. Salah satunya adalah untuk meningkatkan kualitas dari lulusan. Sehingga hal-hal yang diperlukan pada saat akreditasi itu diperlukan untuk meningkatkan kualitas dari mahasiswa.

"Dengan harapan kedepan kita bisa melahirkan lulusan yang lebih baik lagi dengan skill yang ada dengan adanya peralatan yang diberikan ini. Untuk peralatan itu yang diberikan nilainya mencapai Rp1.5 Miliar," ungkapnya.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada RAPP dan Tanoto Foundation dalam hal ini meningkatkan kualitas dari D3 PTK Unri," imbuhnya.(*)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index