Bupati Rohul SUkiman Terima Alokasi DAK Penanggulangan Stunting dari BKKBN Provinsi Riau

Bupati Rohul SUkiman Terima Alokasi DAK Penanggulangan Stunting dari BKKBN Provinsi Riau
Penyerahan Dana Alokasi Khusus (DAK), Petunjuk Teknis BOKB dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) perwakilan Provinsi Riau kepada Bupati Rohul Sukiman.

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM)- Pemkab Rokan Hulu  menerima rincian anggaran dan kegiatan Dana Alokasi Khusus (DAK), Petunjuk Teknis BOKB dari Badan Kependudukan Keluarga Berencana (BKKBN) perwakilan Provinsi Riau senilai Rp. 5.975.320.000.

Bantuan DAK ini diserahkan langsung Kepala BKKBN perwakilan Riau Dra. Mardalena Wati Yulia M.Si dan  diterima langsung  oleh Bupati Rohul H. Sukiman didampingi Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si dan Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, di aula rumah dinas  Bupati, Senin (27/3/2023).

Pada kesempatan itu, Bupati Rohul H. Sukiman bersyukur Pemkab Rohul mendapat DAK senilai Rp5,9 miliar ini.

Dia menjelaskan, alokasi DAK  ini merupakan alokasi Pemerintah Pusat melalui BKKBN untuk mendukung pelaksanaan Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), khususnya upaya Percepatan Penurunan Stunting di Kabupaten Rokan Hulu.

“Alhamdulillah Rohul dapat bantuan DAK dari BKKBN senilai Rp5,9 Miliar, ada Juknis untuk pelaksanaan pelaksanaan DAK tersebut. Saya minta pergunakan anggaran ini sesuai dengan Juknis yang telah ditetapkan, seperti 927 Tim Pendamping Keluarga (TPK), Kader pelayanan desa dan lainnya, dengan harapan angka prevalensi Stunting di Rohul bisa menurun,” harapnya

Bupati Sukiman memimpin pertemuan bersama  Kepala BKKBN perwakilan Provinsi Riau Mardalena Wati Yulia.

Sementara itu, Kepala BKKBN perwakilan Provinsi Riau Drs. Mardalena Wati Yulia M.Si mengatakan Pemkab Rohul mendapat DAK Sub Bidang KB sebesar Rp5,9 Miliar dapat dipergunakan untuk membantu Pelaksanaan Program Bangga Kencana (Pembangunan Keluarga Kependudukan dan Keluarga Berencana) serta Percepatan Penurunan Stunting.

“Karena berdasarkan hasil Survey Status Gizi Indonesia (SSGI) Tahun 2022 Rohul masih cukup tinggi. Stunting di Kabupaten/Kota di Riau, tertinggi sekarang itu Inhil dan Siak,” jelasnya

Lanjut Kepala BKKBN Riau, Sub Bidang KB merupakan anggaran yang dialokasikan ke daerah untuk membiayai operasional kegiatan program prioritas nasional dalam pelaksanaan urusan pengendalian penduduk dan keluarga berencana yang menjadi urusan daerah termasuk percepatan penurunan stunting.

“Tapi Insyaallah dari Raker TPPS Rohul terkait data Master Ansit, yang langsung dipimpin oleh Pak Bupati, Saya yakin ini akan membuahkan hasil yang diinginkan, karena komitmen semua Tim tadi bersama-sama dalam rangka percepatan berkolaborasi dan bersinergi dan insyaallah ini target 14 persen 2024 bisa diwujudkan,” katanya.(Advertorial Diskominfo Rohul)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index