Litera Toer, Sarana Memperkenalkan Perpustakaan Sebagai Wadah Kreativitas Membaca Yang Menyenangkan

Litera Toer, Sarana Memperkenalkan Perpustakaan Sebagai Wadah Kreativitas Membaca Yang Menyenangkan
ilustrasi

PEKANBARU (RIAUSKY.COM)- Perpustakaan sejatinya menyediakan banyak sumber daya literasi dan aktivitas yang dapat membantu anak-anak belajar sambil bermain.

Seperti halnya, Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru memiliki program kreatif “Litera Tour” yang bermanfaat dalam meningkatkan minat baca hingga membantu mengembangkan keterampilan sosial dan emosional.

“Tur literasi atau dikenal Litera Tour ini bertujuan untuk menjadikan perpustakaan tempat yang menyenangkan bagi anak-anak untuk belajar dan bereksplorasi,” ujar Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pekanbaru, Hj. Erna Juita, SH., M.Si

Sambil bermain mengenal perpustakaan murid juga diajak belajar membaca literasi.

Litera Tour menyediakan berbagai kegiatan menarik yang disesuaikan dengan usia dan tingkat pendidikan.

“Kegiatan yang diselenggarakan disesuaikan dengan tingkat usia dan pendidikan siswa. Mereka diajak mendengarkan dongeng dan membuat keterampilan dan anea kreativitas lainnya yang ditujukan untuk dapat meningkatkan imajinasi dan kreativitasnya,” jelasnya.

Para murid juga membuat sejumlah kreativitas mengasah pegetahuan.

Tidak hanya sekadar menyenangkan,lanjut Erna, program LiteraTour memberikan dampak positif dalam meningkatkan minat baca dan menciptakan rasa cinta terhadap literasi.

Seperti saat kunjungan MI Ibnu Taimiyah Pekanbaru pada Selasa (30/01/2024) lalu, di mana anak-anak membuat kerajinan tangan gantungan kunci dari kain flannel.

Selain itu, rombongan siswa MI Ibnu Taimiyah juga diajak berkeliling melihat sembari mengenal layanan perpustakaan yang berada di Jalan Dr Sutomo Nomor 1 ini. Kemudian mendengarkan dongeng dari koleksi buku yang berada di Ruang Kreativitas Anak (RKA), membaca buku hingga mewarnai.

Para guru dan pustakawan bisa ikut membimbing anak berkreasi dengan pengalaman baru yang mereka dapati di perpustakaan.

Tentunya tak hanya anak-anak usia dini, taman-kanak-kanak, pelajar dalam brbagai tingkatan juga bisa mengembangkan kreativitas dan kecintaannya untuk membaca melalui tur literasi yang diprogram di perpustakaan ini.

LiteraTour merupakan langkah positif dalam menciptakan budaya membaca yang kuat di kalangan anak-anak.

“Dari kegiatan-kegiatan yang ada diharapkan dapat membentuk karakter dan keterampilan mereka dimasa mendatang, termasuk salah satunya membangun budaya membaca,” jelas Erna.

Maka dari itu, ia mengajak  sekolah-sekolah yang ada untuk  dapat berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh perpustakaan.(Advertorial)

 

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index