Melihat Upaya Serius Pemkab Kampar Merebut Piala Adipura di 2018

Rabu, 27 September 2017 | 17:15:54 WIB
Melihat Upaya Serius Pemkab Kampar Merebut Piala Adipura di 2018
Ket Foto : Kawasan Islamic Center Bangkinang yang kini mulai dibenahi dan ditata untuk keindahan sarana ibadah di pusat kota Bangkinang.

BANGKINANG (RIAUSKY.COM)- Adipura adalah piala yang diberikan pemerintah sebagai supremasi atau pengakuan terhadap pengelolaan daerah, kabupaten dan kota yang bersih.

Sebagai bentuk apresiasi atas pengelolaan Kabupaten Kampar yang bersih dan tertata, tahun 2016 lalu, Pemkab Kampar memperoleh sertifikat Adipura. Satu tahapan lagi menuju Adipura. 

Mengingat hal tersebut, tahun 2017 ini, di bawah kepemimpinan Bupati Azis Zaenal dan Wakil Bupati Catur Sugeng Susanto, Kampar berkomitmen bisa meraih piala Adipura untuk pertama sekali, sepanjang berdirinya kabupaten ini. 

Komitmen tersebut tidak hanya sebatas slogan, namun benar-benar menjadi kebijakan prioritas yang dilakukan pemerintah sembari melakukan pembenahan prasarana sosial dan umum yang mendukung pada kemudahan, kenyamanan publik.

Wakil Bupati kampar, Catur Sugeng Susanto dan Sekda M Yusri memantau upaya pembersihan pasar Inpres beberapa waktu lalu.

Beberapa langkah nyata pun kini mulai dilaksanakan, diantaranya dengan melakukan pembenahan terhadap prasarana publik seperti ruas jalan di dalam kota yang  kini lebih api, pemeliharaan kebersihan pasar oleh pedagang dan masyarakat, membuka ruang terbuka hijau dan menciptakan sarana publik yang nyaman dan tertata baik.

Dalam penataan dan pengelolaan pasar bersih, Kepala dinas lingkungan hidup (DLH) Kabupaten Kampar, Cokroaminoto menyebutkan,  progres meraih piala Adipura dilakukan dengan pembenahan pasar dan wilayah berkelanjutan.

Bupati kampar Azis Zaenal  dan staf melakukan pemeriksaan secara rutin sarana publik penunjang keindahan dan kenyamanan warga kota.

Sebagai tindak lanjut dari pelaksanaan penertiban, pembersihan dan pengaturan penempatan pedagang pasar Inpres Bangkinang yang dilakukan beberapa waktu lalu.

“Alhamdulillah setelah 2 (dua) hari melakukan penertiban baik kebersihan maupun Penataan tempat pedagang dapat berjalan dengan lancar,” ujar Cokroaminoto.

Ditambahkan Cokroaminoto bahwa, pada hari Rabu yang bertepatan dengan hari pasar bagi masyarakat di wilayah Bangkinang Kota, maka seluruh pedagang kita arahkan masuk ke dalaman areal terminal dan gedung.

Menyangkut kebersihan, penataan tempat, parit yang bersih dan Penataan lebih lanjut akan diatur dan ditata oleh dinas pasar, pengelola pasar, Perwakilan pedagang dan para pedagang.

Bupati Kampar Azis Zaenal foto bersama Kadis Kebersihan dan Lingkungan hidup, Cokroaminoto seleas menerima sertifikat Adipura.


Tujuan kita melakukan itu adalah untuk menciptakan  pasar yang nyaman, bersih, sehat teduh, Kemudian ada akses jalan bagi masyarakat yang ingin melakukan transaksi jual beli.

Dan ini akan kita lakukan Berkelanjutan, kedepan mari kita saling menjaga kebersihan, yang terpenting lagi adanya  kepatuhan kita baik pedagang maupun pengawas sehingga tidak ada lagi pedagang di luar.

Dengan demikian secara berkelanjutan menjadikan pasar yang bersih, sehat, teduh, nyaman dan inilah tujuan program Adi Pura itu.

Komitmen yang sama juga disampaikan Sekdakab Kampar, Drs. Yusri, M.Si saat memberikan arahan pada Apel gabungan yang diadakan dilapangan Upacara Kantor Bupati Kampar beberapa waktu lalu.

Untuk mewujudkan ini tidak akan dapat diraih tanpa melakukan berbagai perubahan dan kebijakan, tentunya kita harus serius dan sungguh-sungguh dengan usaha yang kontiniu dalam melaksanakan apa yang menjadi indikator penilaian Adipura tersebut.

Tekad dengan sungguh-sungguh untuk meraih Piala Adipura, dan ini benar-benar dijalankan di lapangan serta kita dapat mewujudkan dan merealisasikannya dalam bentuk perolehan Piala Adipura. 

“Jangan kita ingin peroleh piala Adipura namun tidak pada kenyataannya dilapangan, disini jika kita sudah untuk  memulai berniat untuk raih Piala Adipura maka tak akan berhenti dalam mewujudkan kebersihan, kerapian, keindahan dan kenyamanan” Ujar Yusri.

Yusri tak lupa mengingatkan seluruh OPD untuk mentata kebersihan lingkungan perkantoran  baik dengan menciptakan kantor bersih, hijau, asri dan indah.

Dalam berbagai kesempatan, Bupati kampar, Azis Zaenal mengungkapkan, upaya untuk merebut Adipura tidak bisa hanya mengandalkan upaya pemerintah menciptakan sarana pendukung yang menunjang pada lingkungan yang bersih. 

Namun juga membutuhkan peran serta dan pastisipasi masyarakat untuk mewujudkannya. ''Upaya untuk membangun kesadaran bersama akan lingkungan yang bersih dan sehat itu perlu menjadi kesadaran bersama,'' ungkap Azis Zaenal. 

“Kuncinya adalah kebersamaan semua elemen masyarakat  yang bersatu padu, bergandengan tangan, semua untuk dapat mewujudkan dari apa yang menjadi cita-cita seluruh masyarakat Kampar.

Pemerintah Kabupaten Kabupaten Kampar sangat serius untuk meraih Piala Adipura ditahun 2018. Upaya itu dibarengi selalu melakukan pembersihan dan penertiban untuk menjaga kebersihan dan keindahan Kota Bangkinang. 

Ini merupakan tindak lanjut dari keinginan agar Kabupaten Kampar menerima piala tersebut.

Bukan hanya sekedar ingin mendapatkan Piala Adipura tersebut, penertiban dan kebersihan Kota merupakan tanggung jawab  semua, agar Bangkinang, sebagai ibu kota kabupaten kampar menjadi nyaman, serta kerapihan tetap terjaga.

Saat ini, Pemkab Kampar juga sedang kembali merancang penambahan  Ruang Terbuka Hijau (RTH), dan pembenahan sejumlah fasilitas umum lainnya, seperti pembenahan dan peningkatan kebersihan ruang hijau di terminal, RSUD, Puskesmas, sekolah, komplek perkantoran, pemukiman warga, drainase dan lain sebagainya.

Salah satu sarana ruang terbuka hijau yang kini sedang digarap oleh Pemkab Kampar adalah revitalisasi taman rekreasi stanum. 

Semua upaya ini, diharapkan bisa mendukung pada terwujudnya keinginan masyarakat Kampar untuk bisa merebut Adipura pada tahun 2018 yang akan datang. (R06/Advertorial)

Akses RiauSky.Com Via Mobile m.riausky.com
Baca Juga Topik #Kampar Index »
Tulis Komentar Index »
Baca Juga Kumpulan Berita"Otonomi" Index »
Loading...