Alhamdulillah, Gedung Kampus IAI Dar Aswaja Kasangsawan Diresmikan

Senin, 15 Oktober 2018 | 15:10:28 WIB

BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM) - Alhamdulilah, akhirnya Desa Kasangsawan Kecamatan Pujud Kabupaten Rohil - Riau memiliki Perguruan Tinggi Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja. 

Gedung yang dibangun oleh tokoh agama dan pembuka masyarakat Rohil yang bernama KH Syafril SE Mi di resmikan pada Minggu 14 Oktober 2018.

Tampak yang hadir dalam peresmian gedung kampus Yayasan Perguruan Tinggi Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Kasangsawan yaitu Wakil Bupati Rohil Drs. Jamaluddin, anggota DPRD Riau Ahmad Husaini MH, Koordinator Kopertais Wilayah Riau - Kepri Prof.DR KH Ahmad Mujahidin  MAg, ketuan yayasan Dar Aswaja Rohil Abdul Mutholib MA, Rektor Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Rohil Usman Syaufi SAg MPd, tuan Guru Tarikat Naksabandiyah Basilam Langkat Sekh tuanku Tajuddin Rokan, ketua Nahdatul Ulama (NU) Riau Abdul Wahab, tokoh agama, tokoh masyarakat , tokoh pemuda, orang tua Mahasiswa dan para Mahasiswa.

Pada sambutan awal Koordinator Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Kampus Kasang Bangsawan KH Syafril SE MSi antara lain mengatakan tujuannya menghibahkan lahan milik pribadi keluarganya untuk perguruan tinggi Dar Aswaja Rokan Hilir Kampus Kasang Bangsawan semata mata ladang amalnya sekeluarga yang sudah disepakati bersama, guna terwujudnya generasi muda Islam yang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM), sehingga yang tidak mampu melanjutkan pendidikan nya ke tingkat Perguruan Tinggi ke luar daerah dapat menimba ilmunya di Perguruan tinggi Dar Aswaja Rokan Hilir.

Lanjutnya, bahwa Kampus IAI yang berada di Kasang Bangsawan ini baru ada dua jurusan yaitu jurusan Pendidikan Agama Islam dan Ekonomi. 

"InsyaAllah kedepan kita akan tambah yang penting saat ini kita melengkapi persyaratan kelegalitasan Perguruan Tinggi Dar Aswaja Kampus Kasang Bangsawan. Makanya Pengurus Yayasan Dar Aswaja Rokan Hilir menghadirkan pihak Kopertais Perguruan Tinggi untuk meresmikan Kampus ini yang menandakan bahwa kampus ini resmi secara prosudural Perguruan Tinggi yang diakui dengan catatan tidak ada keraguan kita nantinya terhadap kelulusan keserjanaanya," ungkapnya.

Rektor Perguruan Institut Agama Islam (IAI) Dar Aswaja Rohil Usman Syaufi SAg Mpd mengucapkan ribuan terima kasihnya kepada pihak yang terkait dalam menyukseskan terciptanya atas pembentukan Kampus Perguruan Tinggi Dar Aswaja Kampus Kasang Bangsawan ini. Ini tidak terlepas atas dukungan para pihak.

"Saya selaku Rektor Perguruan Tinggi Institut Agama Islam Dar Aswaja Rohil sangat berterimakasih kepada kh Syafril SE MSi yang telah mau memberikan sebagian harta nya untuk kepentingan umat dalam berpendidikan. Sehingga terbangunya gedung perkuliahan  Perguruan Tinggi Islam di Kasangsawan ini." ucapnya.

Diakhir kata sambutannya, Perguruan Institut Agama Islam Dar Aswaja kedapannya akan menambah kejuruan fakultas umum guna menambah Sumber Daya Manusia (SDM) nya." Katanya.

Prof DR Ahamd Mujahidin mengatakan apa yang diperbuat Syfril merupakan perbuatan yang sangat mulia yang harus kita contohkan. Saya mengajak pimpinan Rohil ini, mari kita dukung kh Syafril dalam mendirikan perkampusan IAI demi kemajuan daerah Rohil." Ahmad.

Tak sampai disitu, Ahmad jugak menyingung pejabat Rohil supaya mau membantu pembangunan kampus IAI yang berada di Desa Kasangsawa. 

"Bagi pejabat Rohil yang berlaku tandatanggannya yuk kita sama membangun Rohil khusus dalam dunia pendidikan islam. Di akhir katanya, Prof. DR. Ahmad Mujahidin mengajak masyarakat untuk Rohil untuk berdoa supaya kh Syafril selalu di berikan oleh allah swt kesehatan dan rezeki sehingga pembangunan Kampus IAI terus dilaksanakan." ajaknya.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pembukaan plang nama Perguruan Tinggi Islam Dar Aswaja Kasangsawan oleh Prof.DR. KH Ahmad Mujahidin yang didampingi Wakil Bupati Rohil Drs. Jamaludin, kh Syafril SE dan ketua Yayasan Dar Aswaja. (R15)

Terkini