Mirip yang Dilakukan Jokowi, Ini Kisah PM Najib Razak, Masuk Ka'bah Sebelum Kalah Pemilu dan Kini Jadi Pesakitan, Pertanda Apa?

Senin, 15 April 2019 | 16:13:35 WIB
Jokowi dan keluarga masuk ke Kabah/VIVA (atas) dan Najib Razak/Bharian (bawah)

RIAUSKY.COM - Peradaban negeri jiran Malaysia tercemar aib besar Najib Rajak. Ya, bekas Perdana Menteri Malaysia itu tengah menghadapi tuntutan berlapis pidana korupsi senilai 6,6 miliar ringgit (Rp 24 triliun). 

"Sebelum tumbang dalam Pemilu 9 Mei 2018 lalu, Najib dibelit tudingan serius, rasuah," ulas wartawan senior, Setiyardi Budiono melalui laman Facebook pribadinya, Senin (15/4).

Najib, lanjut Setiyardi, yang saat itu masih menjadi perdana menteri dan Pemimpin UMNO, pada 11 Januari 2018 umrah ke tanah suci Mekah. 

Karena statusnya sebagai PM Malaysia, Kerajaan Arab mengizinkannya masuk Kabah. 

"Tapi semua itu tak mengubah nasib Najib Rajak. Dia dikalahkan politikus gaek Datuk Mahathir Mohamad," terang Setiyardi seperti dilansir dari RMOL.co.

Selang dua bulan usai kekalahannya di pemilu Malaysia, awal Mei 2018 lalu, Najib dijebloskan ke bui. Skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) mengubah jalan hidup eks petinggi UMNO ini.

Najib disebut-sebut menerima aliran dana langsung ke rekening pribadinya sebesar 10,5 juta dolar AS. Aliran dana itu dia dapatkan dari anak perusahaan 1MDB, SRC International.

"Najib kini menjadi pesakitan dan menghadapi tuntutan komulatif 100 tahun penjara," tambah Setiyardi. 

Jokowi juga diizinkan masuk ka'bah

Kejadian serupa juga dilakukan Presiden Jokowi yang melaksanakan ibadah umrah bersama Ibu Negara Iriana. Jokowi dan istri berkesempatan masuk ke dalam Kakbah.

Foto Jokowi masuk ke Kakbah diunggah di akun Seskab Pramono Anung, @pramonoanung, Senin (15/4/2019). Tak ada caption yang dicantumkan Pramono.

Jokowi masuk ke Kakbah dikawal pengamanan Masjidil Haram. Iriana berjalan di belakangnya.

Dilansir dari Detik.com, Presiden sudah berada di Arab Saudi sejak Minggu (14/4/2019). Jokowi mendarat di Riyadh untuk dijamu Raja Salman. Pada Senin (15/4) pagi ini, barulah Presiden berangkat ke Jeddah, kemudian ke Mekah, untuk melaksanakan ibadah umrah.

Dua putra Jokowi, yakni Gibran Rakabuming dan Kaesang Pengarep, ikut serta. Selain itu, tampak Duta Besar RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel menemani Jokowi. (R01)  

Terkini