Bupati Sukiman Lantik 7 Kades Hasil Pilkades Serentak, Ini Pesannya

Selasa, 02 Juli 2019 | 14:33:31 WIB
Bupati Rohul H Sukiman lantik 7 kades hasil Pilkades serentak gelombang II 2018 masa bhakti 2019-2025 di Convention Hall Islamic Center Rohul, Senin (1/7/2019).(HUMAS PEMKAB ROHUL)

PASIR PENGARAIAN (RIAUSKY.COM) - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H Sukiman secara resmi melantik 7 kepala desa hasil pemilihan kepala desa serentak Gelombang II 2018, Senin (1/7) di Convention Hall Islamic Center Rohul.

Adapun ketujuh kades yang baru dilantik dan diambil sumpah jabatannya itu, karena masa jabatannya telah habis akhir Juni 2019. Dengan dilantiknya tujuh kades itu, maka 51 kades hasil Pilkades serentak gelombang II 2018 sudah selesai dilantik seluruhnya.

Kades yang dilantik di antaranya, Ujang Bakri sebagai Kades Kepenuhan Jaya Kecamatan Kepenuhan, tiga kades di Kecamatan Kunto Darussalam, yakni Soleman Kades Pasir Luhur, Agus Riyanto Kades Kota Raya, dan Maun Kusmawanto Kades Pasir Indah.

Selanjutnya dua kades di Kecamatan Rambah Samo, yakni Suwarno Kades Karya Mulya, Slamet Riyadi Kades Pasir Makmur, dan Addis Kades Rambah Tengah Hulu Kecamatan Rambah.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul H Sukiman mengucapkan selamat kepada ketujuh kades hasil Pilkades serentak 2018 yang baru saja dilantik.

Dengan resmi dilantik, maka tanggungjawab sebagai kades akan semakin besar, dalam memajukan desanya masing-masing sesuai dengan visi misinya.

"Saya minta kades yang baru saja dilantik untuk dapat melaksanakan amanah yang telah diberikan masyarakat. Laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dalam memajukan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat desanya," ujarnya.

Bupati mengaku dengan telah dilantiknya 7 kades, maka tanggung jawabnya  bertambah besar, karena itu sumpah dan janji yang diucapkan saat pelantikan harus dilaksanakan. 

"Kades harus tanamkan sikap jujur, keadilan dapat melaksanaan pertanggungjawaban keuangan dan tertib administrasi sesuai aturan hukum yang berlaku," katanya.

Sukiman berpesan, bagi yang pernah menjabat kades agar dapat mengintrospeksi diri, seperti meningkatkan yang sudah bagus dan yang belum bagus lebih diperbaiki.

"Tentunya itu harapan kita. Dari merekalah desa-desa itu kita serahkan untuk membangun sesuai keperluan di desanya," sebutnya.

Orang nomor satu Rohul itu, mengingatkan kades untuk dapat menggunakan bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) dan dana desa (DD) yang dikucurkan pemerintah sebaik-baiknya, dengan mematuhi aturan yang telah ditetapkan pemerintah.

"Semua aturan mainnya sudah ada, sehingga jangan sampai karena kemauan dirinya, kepentingan pribadi, kepentingan kelompok nanti akhirnya menyalahi aturan," katanya.

Bupati mengimbau kades se-Rohul agar dapat menerapkan transparansi terhadap penggunaan bantuan ADD dan DD yang dikucurkan pemerintah, mengingat masih ada desa yang belum memasang baliho di kantornya untuk penggunaan dana bantuan. (Adv Pemda Rokan Hulu)

Terkini