Didatangi Pemkab Meranti, DPRD Riau Janji Bantu Pembangunan di Kota Sagu

Senin, 14 Maret 2016 | 16:32:53 WIB
Sunaryo

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Setelah sebelumnya pemerintah Kota Dumai mengadakan audiensi dengan DPRD Riau. Senin, 14 Maret 2016 giliran kabupaten Kepulauan Meranti mengunjungi DPRD Riau yang mengeluhkan pembangunan yang semakin lambat di daerahnya.

 
Rombongan pemerintah kabupaten Kepulauan Meranti ini langsung dipimpin oleh wakil bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim dan jajarannya yang memaparkan program apa yang nantinya akan dibangun di kepulauan Meranti.
 
"Ini Kedua kalinya DPRD Riau menerima audiensi kabupaten/kota dimana sebelumnya Dumai sudah melakukan audiensi terlebih dahulu. Hal ini harus sering dilakukan karena yang mempunyai wilayah adalah kabupaten kota sementara Provinsi tidak memilikinya, untuk itu kita harus bersinergi antara pemerintah provinsi dan kabupaten kota dalam pembangunan, kita tidak ingin nantinya ada pembangunan yang tidak diperlukan," ungkap Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo.
 
Selanjutnya Sunaryo mengatakan apresiasi kepada Pemkab Meranti, nantinya DPRD akan berkomitmen adanya pembagian anggaran yang proporsional untuk kabupaten dan kota di Riau.
 
Sementara itu Wakil Bupati Kepulauan Meranti Said Hasyim mengatakan, pihaknya saat ini mengalami krisis keuangan dan semakin lama pembangunan semakin menurun apalagi saat ini DBH migas juga menurun hampir setengah lebih.
 
Sebelumnya Meranti mendapatkan Rp400 miliar dana bagi hasil migas namun untuk tahun ini menurun hanya Rp200 miliar dan masih adanya rasionalisasi.
 
"Untuk itu kami mengadakan sharing dengan DPRD Riau untuk mendengarkan pendapat sejauh mana dapat membantu Meranti karena Meranti merupakan kabupaten baru, jarak tempuh yang jauh juga menyebabkan harga kebutuhan pokok di Meranti tinggi," ujarnya.
 
"Kami mengajuan pembangunan di segala bidang terutama di bidang infrastruktur yang minim dan Meranti merupakan salah satu kabupaten yang angka kemiskinan di Riau cukup tinggi yakni dimana indeks kemiskinan mencapai 33.8% dari beberapa waktu lalu mencapai 45% dan ini terus bertambah," lanjut Said.
 
Untuk itu pihaknya berharap pemerintah provinsi melalui DPRD Riau bisa membantu mereka dalam meningkatkan pembangunan di seluruh bidang dimana total yang diajukan oleh Kepulauan Meranti mencapai hampir 1 triliun. (R06)

Terkini