Diskominfotik Kepulauan Meranti Lakukan Kolaborasi dengan FMIPA Unri

Jumat, 19 Juli 2024 | 08:07:54 WIB

SELATPANJANG (RIAUSKY.COM)- Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik Kabupaten Kepulauan Meranti tandatangani kerjasama dengan Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Riau di Ruang Command Center Kantor Dinas Kominfotik, Rabu (17/07/2024).

Penandatanganan Kerjasama ini dilakukan dalam rangka melaksanakan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka, Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan SDM di Kabupaten Kepulauan Meranti.

Kepala Dinas Kominfotik, Febriady, S.Si, Apt dalam sambutannya menyampaikan perjanjian kerjasama ini merupakan tindaklanjut dari MoU Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti dengan Universitas Riau beberapa waktu lalu. Dinas Kominfotik selaku Organisasi Perangkat Daerah yang menjalankan fungsi komunikasi, informatika, statistik dan persandian memerlukan mitra kerja serta kolaborasi dari akademisi untuk mendukung pengembangan teknologi informasi dan juga urusan statistik. 

“Saat ini Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti Telah berupaya meningkatkan Penyelengggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tentunya diperlukannya penguatan kapasitas SDM yang handal dan berkualitas, kami yakin FMIPA Universitas Riau dapat menjadi mitra strategis yang dapat membantu mewujudkan cita kita bersama yaitu menuju Meranti Smart City”

Asisten II Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, Rokhaizal, M.Pd dalam sambutan singkatnya turut mengapresiasi kolaborasi dan kerjasama ini.

“Kami menyambut baik kerjasama ini, hal ini merupakan trobosan dan inovasi  yang bagus, khususnya dari segi pengembangan teknologi informasi dan pengembangan sumber daya manusia.”

“Aturan BKN terbaru setiap ASN berhak mendapatkan pendidikan atau pelatihan minimal 20 jam setahun, dengan adanya regulasi ini, kami berharap banyak kerjasama dan kolaborasi ini dapat mendukung program tersebut, sehingga terwujudlah Smart ASN dan Smart City.” Tambah Rokhaizal lagi. 

 Rokhaizal menambahkan, setiap kerjasama harus membawa manfaat untuk kedua belah pihak, dan dia berharap, kerjasama FMIPA UNRI dan Pemkab Meranti melalui Diskominfotik ini dapat bermanfaat bagi kedua belah.

“Pada Kesempatan ini saya ingin menyampaikan bahwa fokus pemerintah daerah adalah meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan adanya Kerjasama dengan Universitas tentunya akan mendukung hal tersebut, terlebih kebutuhan data sektoral penting ditingkat kualitasnya agar kebijakan harusnya berbasis data”

Dekan FMIPA Unri, Dr. Syamsuduha, M.Sc dalam sambutannya juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui Diskominfotik yang sudah menyambut baik kehadiran FMIPA Unri dan Kolaborasi ini.

“Kami ucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti khususnya Dinas Kominfotik, kami disambut dengan hangat serta penuh dengan semangat untuk turut serta membangun Kepulauan Meranti”

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Kominfotik bahwa Penandatanganan Kerjasama ini merupakan tindaklanjut MoU ataupun rapat kerja yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Saat ini Universitas Riau mengirim mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) dengan metode tematik di 15 Desa yang tersebar di Kecamatan Rangsang Barat, Kecamatan Tebingtinggi Barat dan Tebingtinggi. Mahasiwa Kukerta tersebut nantinya diharapkan dapat membantu Pemerintah Desa setempat dalam pengembangan Website Desa dan entry data desa. 

“Saat ini kami telah mengirimkan Mahasiswa kami untuk Kukerta di beberapa Desa di 3 Kecamatan, kukerta kali ini kukerta tematik, dimana mahasiswa berorientasi pada kerja nyata di Kantor Desa, jadi nantinya Mahasiswa kukerta ini akan kita perbantukan untuk mengelola atau membuat website bagi desa”.

Fakultas MIPA UNRI juga bekerjasama dalam hal penyediaan data statistik.
“Selain menyediakan website, mahasiswa kita juga nantinya akan membantu desa dan melakukan follow up kepada perangkat desa dalam hal entry data statistik desa, jadi tidak hanya penyediaan website saja tapi mahasiswa kita nanti nya juga akan membantu desa dalam mengelola website dan mengisinya” 

Syamsuduha yang merupakan Putera Asli Meranti ini juga terus mendukung pengembangan SDM di Kepulauan Meranti, menurut penuturannya ada banyak akademi dan dosen yang berasal dari Kepulauan Meranti, di Unri ada 1 Orang Profesor dan 1 Orang Doktor Teknologi Informasi yang merupakan anak jati Kepulauan Meranti.

“Artinya, potensi SDM di Meranti tidak kalah dari daerah lain, mari kita manfaatkan hal tersebut untuk kemajuan daerah” Imbuhnya

Penandatnganan Kerjasama ini ditutup dengan diskusi ringan mengenai pengembangan Teknologi Informasi di Kabupaten Kepulauan Meranti khusunya dalam penerapan SPBE. Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala BPS Kabupaten Kepulauan Meranti, Sumirat, S.Si, Wakil Dekan FMIPA, Dr. Mayta Novaliza Isda, M.Si, Wakil Dekan II Arisman Adnan, Phd. Dan Pejabat Eselon dilingkungan Diskominfotik.(R21)

Terkini