Program Pembangunan TPU Masuki Tahap Inventarisasi Aset

Rabu, 31 Agustus 2016 | 15:19:54 WIB
Kepala DKPP Kabupaten Inhil, Sirajudin
TEMBILAHAN (RIAUSKY.COM) - Program pembangunan Tempat Pemakaman Umum (TPU) di beberapa Kecamatan, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) oleh Dinas Kebersihan, Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kabupaten Inhil hingga semester kedua tahun 2016 ini, telah memasuki tahap inventarisasi aset hasil hibah berupa tanah.
 
Adapun Kecamatan yang akan menjadi daerah tempat dilaksanakannya program pembangunan TPU dan telah direncanakan sejak awal tahun 2016 ini adalah Kecamatan Keritang, Kecamatan Kateman dan Kecamatan Reteh.
 
Menurut penuturan Kepala DKPP Kabupaten Inhil, Sirajudin saat ditemui diruang kerjanya, Tembilahan, Senin (30/8/2016) pagi, inventarisasi aset berupa tanah hasil hibah ini dimaksudkan sebagai langkah antisipasi agar nantinya tidak terjadi sengketa atau konflik atas tanah yang telah dijadikan TPU oleh pihak keluarga yang menghibahkan.
 
"Tentu harus dilengkapi dulu segala macam bentuk dokumen hibah yang sah secara prosedural atas tanah yang akan dijadikan tanah pekuburan itu.  Agar, nantinya tidak menjadi masalah dikemudian hari atas tanah tersebut, baik oleh keluarga penghibah atau pihak bersangkutan lainnya," ujarnya.
 
Inventarisasi, dikatakan Sirajudin, juga dilakukan berdasarkan pada pengalaman atas kasus sengketa tanah hibah yang kerap terjadi.
 
"Pembangunan TPU ditempat-tempat tersebut baru bisa dilaksanakan sepanjang dokumen-dokumen yang diperlukan untuk hibah sudah dilengkapi.  Sehingga, tanah tersebut nantinya akan beralih status menjadi aset Desa atau Kelurahan, bahkan aset Kecamatan," katanya.
 
Terakhir, usai tahap inventarisasi, Sirajudin mengatakan, program pembangunan TPU di 3 (tiga) Kecamatan, Kabupaten Inhil baru akan memasuki tahap penganggaran.
 
"Usai diinventarisir, baru dianggarkan. Pembahasan akan dilakukan bersama antara Pemda (Pemerintah Daerah) dengan DPRD (Dewan Perwakilan Rakyat Daerah). Dan kurun waktu menjelang sampai ke tahap penganggaran, itu tergantung dari proses penyelesaian tahap inventarisasi pula," imbuhnya. (R17)

Terkini