Kecanggihan GPS Tracker Yang Harus Diketahui

Rabu, 14 September 2016 | 05:52:50 WIB
Citra, salah seorang wanita yang mengaku korban dari AA Gatot Brajamusti.

Apakah anda tau apa itu GPS? Nah, bagi anda yang belum tau, pada kesempatan kali ini kami akan memberi informasi tentang apa itu GPS dan GPS Tracker. Keduanya tentu memiliki perbedaan. Nah, apa sih bedanya dengan GPS tracker?? Berikut adalah ulasan lengkapnya.

GPS merupakan suatu teknologi yang berfungsi untuk membantu memonitor, melacak dan mengamankan aset berharga milik anda dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti tindak pencurian, perampokan yang terjadi pada kendaraan Anda baik mobil, taksi, bus, sepeda motor,truk maupun alat berat. Baca juga: WOW KEREN... Hanya di Kampar, Mobil Innova Jadi Ambulans...

GPS adalah teknologi baru yang bisa anda manfaatkan untuk melacak lengkap dan jelas serta bersifat profesional dengan jaminan garansi resmi, yang juga didukung oleh engineer dan beberapa teknisi yang terlatih dan terampil serta berpengalaman, memiliki beragam server handal yang bisa anda pilih, mempunyai banyak pilihan produk baik yang standar maupun custom.

Global Positioning System atau biasa kita kenal sebagai GPS adalah sistem navigasi untuk penentuan  posisi, arah kecepatan dan waktu di permukaan bumi dengan memanfaatkan bantuan satelit. Kemudian apa yang dimaksud dengan  GPS Tracker? Bagaimana cara kerja GPS Tracker? Apa sih bedanya, Jadi GPS Tracker adalah sistem navigasi penentuan posisi yang alatnya ditempatkan pada kendaraan/armada atau sesuatu yang berkerak untuk bisa terus dipantau secara lebih detail.

pendeteksi lokasi GPS Tracker tersebut mampu mengirimkan lokasi dalam bentuk titik koordinat  (latitude & longitude) dari kendaraan atau armada yang di pasangi alat tersebut. Pengiriman data yang saya sebutkan tersebut memanfaatkan sinyal telepon seluler. Titik-titik koordinat tersebut bisa di tampilkan dengan memanfaatkan aplikasi google maps sehingga bisa memantau kendaraan atau armada tersebut secara realtime.

Gimana sih cara kerja dari GPS tracker itu sendiri? GPS tracker bekerja dengan cara berikut ini :

-               Alat GPS Tracker menerima sinyal GPS dari beberapa satelit GPS yang mengorbit di luar angkasa.

-               Dari sinyal GPS yang diterima tersebut, GPS tracker menentukan tempat serta posisi secara otomatis dengan berpedoman pada koordinat bumi.

-               Alat GPS Tracker tersebut kemudian mengirimkan data titik-titik koordinat yang telah dihasilkan tersebut ke GPS Tracking Server dengan melalui jaringan GSM.

-               GPS Tracking Server menerima data titik koordinat yang didapatkan dari alat GPS tracker diatas, kemudian data tersebut akan disimpan ke dalam database yang tersedia.

-               Selanjutnya GPS Tracking Server mengirimkan data yang diterima dari alat GPS tracker ke  Tracking & Monitoring Software yang sedang aktif melalui jaringan TCP/IP.

-               Tracking dan Monitoring Software akan menampilkan data tersebut melalui tampilan peta monitoring (Google Maps).

-               Alat GPS tracker juga mampu merekam data titik-titik koordinat dengan interval atau jangka waktu tertentu. Data tersebut kemudian disimpan ke dalam On-board Flash Memory (RAM) untuk kemudian diterjemahkan dan ditampilkan di peta di kemudian hari atau di lain waktu.

Gimana kalian tertarik bukan dengan kecanggihan sistem GPS apalagi GPS tracker. Iya pasti dan tentunya bakalan langsung konsumtif gitu aja. Namun, sebelum anda memilih untuk menggunakannya anda harus memperhatikan dulu beberapa hal. Beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum mengambil keputusan untuk memanfaatkan fasilitas GPS Tracking System diantaranya adalah harga alat GPS tracker serta biaya pulsa dan instalasinya.Hal ini dilakukan mengingat pengiriman data menggunakan koneksi selular jaringan GSM.
 

Terkini