Timbulkan Bau Busuk dan Laler, BLH Rohil Bakal Timbun Sampah di Batu Enam

Rabu, 01 Februari 2017 | 00:40:45 WIB
Kepala BLH Rokan Hilir meninjau lokasi penimbunan sampah warga di Jalan Buntu Batu Enam.
BAGANSIAPIAPI (RIAUSKY.COM)- Tumpukan sampah yang menggunung bahkan sampai menutupi ruas jalan jalan buntu Batu Enam mulai menimbulkan aroma tidak sedap. 
 
Bau busuk menyeruak di sekitar lokasi pembuangan sampah tersebut. Selain itu, laler dan lalat yang rentan menjadi penyebab penyakit juga mulai banyak mengerubungi lokasi.
 
Terkait situasi itu, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Rohil, Suwandi, S.Sos Selasa, 31 Januari 2017 melakukan peninjauan ke  Tempat Pembuangan Sementara (TPS) sampah di Jalan Buntu itu. Dia berjanji menimbun sampah tersebut agar tidak menimbulkan dampak lingkungan.
 
“Kita akan gali lobang, lalu sampah tersebut dimasukkan dan ditimbun,“ katanya ketika ditanya inforohil terkait tindakan apa yang dilakukan setelah meninjau kondisi sampah yang banyak lalat tersebut.
 
Sampah tersebut dibuang ditempat itu, bukan di Tempat Pembuangan Akhir (TPA), karena TPA dalam keadaan banjir dan sedang dilakukan pematangan lahan untuk rutan, sehingga sampah tak mungkin lagi dibuang ditempat itu.
Produksi sampah di Bagansiapiapi dan sekitarnya berasal dari rumah tangga dan pasar mencapai 120 meter kubik satu hari, TPA belum bisa menampung, sementara dibuang dibeberapa tempat, termasuk pada jalan buntu di Batu 6 tersebut.
 
Kedepan, akan dibangun TPA di Batu 10 (Bumi Ayu, red) sekitar STAI Ar-Ridha dengan lahan seluas 10 ha, dana sudah tersedia dari pemerintah pusat Rp40 miliar. “Cuma sekarang jalan masuk (sekira 6 KM, red) belum ada, pemerintah pusat meminta kita membangunnnya,” sebut Suwandi.(r07/i) ‎

Terkini