ALLAHUAKBAR...Lebih 50 Tahun Terkubur, Jenazah Pria Bersorban Ini Tetap Utuh...Siapa Dia?

Ahad, 19 Februari 2017 | 23:36:47 WIB
Makam pria bersorban dirapikan kembali setelah penemuan oleh warga.
YOGYAKARTA (RIAUSKY.COM)- Warga Dusun Toboyo, Desa Plembutan, Playen, Gunung Kidul, Yogyakarta, mendadak geger penemuan jenazah misterius diduga telah puluhan tahun terkubur, Rabu, 15 Februari 2016 lalu. 
 
Jenazah itu ditemukan dalam kondisi masih bagus dengan balutan kain sorban. 
 
Kain kafan yang membungkus jenazah itu bahkan masih dalam kondisi utuh. Tak ada kerusakan sama sekali meskipun sudah puluhan tahun terpendam di tanah.
 
Juru kunci makam di Dusun Toboyo, Wasiman (70) menceritakan penemuan jenazah terjadi ketika warga sedang membuat liang lahat baru atau bedah bumi untuk pemakaman salah seorang warga. Lokasi pembuatan liang lahat berada di tengah makam. Lokasi itu masih kosong dan tak ada makam sama sekali.
 
"Ketika sedang menggali tanah tiba-tiba ada jenazah terkubur. Padahal rumah saya hanya jarak 50 meter dari makam. Dan setahu saya dari saya kecil hingga tua kayak gini, belum pernah ada yang dimakamkan di tanah kosong itu," ujar Wasiman, Sabtu, 18 Februari 2017.
 
Wasiman menuturkan bahwa jenazah terkubur sedalam kurang lebih 1,5 meter. Jenazah terkubur dalam kondisi kain kafan yang masih utuh dan hanya kotor karena bekas tanah. Ketika kain kafan dibuka, lanjut Wasiman, ada sorban di leher jenazah yang ditemukan.
 
"Jenazah bentuknya masih utuh. Tidak rusak meskipun sudah terkubur lama. Tinggi jenazah sekitar 2 meter dan mengenakan sorban," jelas Wasiman.
 
Begitu menemukan jenazah itu, Wasiman dan warga lain pun segera mengumumkan ke warga kampung. Tetapi, dari warga kampung tak ada yang mengetahui identitas jenazah tersebut. 
 
"Tidak ada yang tahu siapa jenazah itu sebenarnya. Akhirnya oleh warga, jenazah dikuburkan kembali bersama warga yang baru meninggal. Tetapi jenazah itu dilapisi lagi kain kafan yang baru dan dikuburkan seperti jenazah baru," terang Wasiman seperti dilansir dari merdeka.com.
 
Wasiman menduga bahwa jenazah yang ditemukan dulunya merupakan orang yang memiliki kelebihan. Entah kelebihan di bidang spiritual, agama maupun keilmuan. Sebab, Wasiman memerkirakan jenazah sudah sekitar 50 tahun terpendam di kuburan milik Dusun Toboyo dan kondisinya masih utuh.
 
Terpisah, Kanit Reskrim Polsek Playen Iptu Pudjijono mengatakan, sebelum dimakamkan kembali oleh warga, petugas kepolisian sempat mendatangi lokasi. Bersama perangkat desa, petugas mengumumkan penemuan jenazah itu ke warga.
 
"Memang cukup aneh, apalagi kain kafannya masih utuh. Berdasarkan kesepakatan bersama jenazah kembali dikuburkan di tempat yang sama dan dilapisi kain kafan yang baru," pungkas Pudjijono.(R01/i)

Terkini