Buka KADIN MEA Expo 2017, Gubri Harapkan Ekonomi Menengah ke Bawah Kembali Bergairah

Kamis, 23 November 2017 | 15:20:25 WIB

PEKANBARU (RIAUSKY.COM) - Usai membuka acara, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman berharap keberadaan Kadin MEA Expo 2017 mampu gairahkan pelaku ekonomi menengah ke bawah di Riau.

Ia menyebut, potensi ekonomi yang ada di berbagai daerah di Riau sesuai dengan karakteristik diharapkan mampu diangkat dan difasilitasi melalui kegiatan Kadin Riau MEA Expo 2017 yang telah dibuka Gubernur Riau kemarin, mulai 23-26 November 2017 di Bandar Seni Raja Ali Haji Purna MTQ Pekanbaru. 

"Terpenting dalam pameran ini bagaimana bisa mengangkat potensi ekonomi menengah ke bawah di Riau ini. Karena masing-masing daerah inikan memiliki potensi ekonomi yang luar biasa," kata Gubernur Riau yang biasa disapa Andi Rachman, Jumat (24/11/17). 

Misalnya, potensi tanaman sagu di Meranti, salak pusaka di Rohul yang merupakan hasil perkawinan bibit salak Padang Sidempuan dan Bojonegoro. Begitu juga dari sisi pertanian, perikanan lainnya. 

Pemerintah daerah termasuk Kadin Riau sendiri berupaya bagaimana potensi-potensi di setiap daerah yang selama ini belum termanfaatkan secara maksimal bisa diberdayakan. 

"Tinggal bagaimana kita bisa mendorong lagi. Apalagi sekarang ada BUMDES (Badan Usaha Milik Desa)," ujar Andi.  

Selain ekonomi menengah ke bawah. Andi juga mendorong investasi skala menengah ke atas di Riau. Terbukti berbagai pada pameran ini juga diikuti pelaku usaha dari sektor industri. 

Salah satunya dari dunia usaha, yang bergerak di bidang industri pulp dan kertas, PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), ikut memeriahkan pada acara Kadin Riau MEA Expo. 

Perusahaan yang berbasis di Pangkalan Kerinci, Kabupaten Pelalawan, Riau ini menampilkan produk unggulan kerajinan para ibu-ibu binaan Rumah Batik Andalan, yakni beragam motif Batik Bono asli Pelalawan yang mulai mendunia. (R07/Advertorial)

Terkini